oleh

Ini Saran Untung Sangaji untuk Rutan Lhoksukon

-Aceh-1.178 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Mantan Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji yang kini menjabat sebagai Wadir Polairud Polda Sumut memberikan ide terbaik untuk dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) Lhoksukon agar para tahanan dan narapidana senang.

Polisi yang pernah berjibaku di Bom Thamrin ini menyarankan kepada pihak Rutan Lhoksukon supaya narapidana dibekali kembali dengan keterampilan membuat kancing baju dari batok kelapa seperti yang pernah ia lakukan semasa menjabat Kapolres Aceh Utara.

“Sebaiknya para tahanan di Rutan Lhoksukon agar dibekali lagi dengan keterampilan membuat kancing baju seperti tempohari saya ajarkan di kediaman kepala Rutan itu, biar mereka senang sabar dan tenang serta ketika keluar mereka sudah punya uang untuk hidup mandiri dengan usaha home industri membuat kancing baju,” kata Untung Sangaji kepada Penanegeri.com, Selasa (18/6).

Untuk hal ini, ia lantas mengaku siap datang ke Rutan Lhoksukon dari Polda Sumut untuk melatih para tahanan dan narapidana membuat kerajinan kancing baju sampai pintar.

Baca Juga  Sentuh Kalangan Santri hingga Penyintas Kanker, KIP Banda Aceh Sosialisasi Masif

“Saya siap datang dua hari ke sana (Rutan Lhoksukon) untuk mengajari mereka (tahanan dan narapidana) membuat kancing baju dari batok kelapa. Tetapi saya akan datang jika dikirim surat secara resmi ke Kapolda Sumut,” ucap Untung Sangaji.

Dikatakan Untung, semua orang yang memiliki keahlian atau skill tertentu tentu akan cenderung tenang dan santai. Hal tersebut sangat mengurangi tingkat kejahatan masyarakat. Kemudian Pemda hendaknya berpikir secara maraton ke arah ini.

“Siapa lagi yang menolong saudara-saudara kita kalau bukan kita sendiri. Kita tidak harus menyerah seperti tikus yang mati di lumbung padi. Jangan melihat pangkat dan jabatan saya, tapi jika menyurat ke Kapolda Sumut Pasti saya diizinkan untuk melatih dan mendidik saudara-saudara kita dari berbagai lapisan di Aceh Utara untuk bisa mandiri secara profesional. Memanfaatkan apa saja yang berguna di sekeliling kita untuk home industri yang juga PAD pasti makin meningkat,” urainya.

Semasa Untung menjabat Kapolres Aceh Utara, ia selalu menghadiahkan waktunya untuk melatih para tahanan Rutan Lhoksukon agar ketika mereka terbebas dari hukuman nantinya bisa hidup mandiri dan tidak lagi berpikir untuk melakukan kejahatan.

Baca Juga  DPW PAKAR: Wacana Pembelian Mobil Dinas Baru Bupati Bireuen Pemaksaan Kehendak

Hal tersebut disampaikan Untung Sangaji karena merasa prihatin dengan kejadian kaburnya 73 tahanan dan narapidana di Rutan Lhoksukon yang terjadi pada Minggu (16/6) kemarin.

Komentar

Berita Terbaru