oleh

Ini Syarat Utama CPNS di Bireuen

-Aceh-4.055 views

PENANEGERI, Bireuen – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bireuen dijadwalkan dibuka sejak tanggal 11 hingga 25 November 2019 secara online. Setiap peserta diwajibkan melampirkan sejumlah syarat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bireuen, Mawardi S.STP, M.Si kepada wartawan, Senin (11/11) mengatakan, untuk setiap pelamar CPNS di lingkungan Pemkab Bireuen tahun ini diharuskan melampirkan syarat teknis.

“Selain KTP Elektronik khusus warga Bireuen sebagai syarat yang ditetapkan secara umum serta memiliki IPK minimal 2,75. Sementara bagi pelamar dari luar kabupaten/kota lainnya di Aceh harus memiliki IPK minimal 3,00 dan bagi pelamar luar Provinsi Aceh IPK-nya minimal 3.50,” katanya.

Ketentuan ini, tambah Mawardi, sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos tentang mekanisme penerimaan CPNS di linkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Diterangkannyya, pendaftaran CPNS tetap melalui online, tetapi hingga Senin (11/11) pihaknya belum juga mendapatkan petunjuk teknis dari Jakarta. Namun bagi pelamar dari Bireuen dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website : http://sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga  Pemkab Bireuen Siap Hibah Tanah Pemembangunan Lapas Baru di Kawasan Juli

Setelah menyelesaikan pendaftaran melalui online, maka peserta wajib membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Bupati Bireuen dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam diatas kertas bermaterai Rp 6000 dengan melampirkan, Print out asli bukti pendaftaran secara online yang ditandatangani sendiri oleh pelamar.

“Syarat lain adalah foto copy KTP elektronik atau surat keterangan telah melakukan perekaman KTP elektronik yang telah dilegalisir satu lembar,” terangnya.

Kemudian, foto copy KK yang telah ditandatangani pejabat berwenang, foto copi ijazah/STTB dan transkip nilai akademik terkahir yang telah disahkan. Sedangkan khusus lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib menyertakan surat keterangan penyeteraan pejabat berwenang.

Ketentuan lain, pas foto 4 x 6 berlatar belakang merah 2 lembar, bagi pelamar formasi umum, untuk jabatan guru yang memiliki sertifikat pendidik agar melampirkan foto copy sertifikat pendidik yang telah dilegalisir.

Disinggung format surat permohonan, peserta dapat mengunduh pada website BPKSDM Bireuen dengan alamat http://bkpsdm.bireuenkab.go.id.

Sebagai pengumuman yang dikeluarkan Bupati Bireuen, maka berkas persyaratan diantar lansung oleh pelamar (tidak dapat diwakilkan) kepada panitia penerimaan seleksi CPNS 2019 di BKPSDM Bireuen, dimasukkan dalam stopmap warna kuning untuk pelamar tenaga pendidik, warna merah untuk pelamar tenaga kesehatan.

Baca Juga  Penerimaan CPNS Ditutup, Pelamar Formasi Guru Kelas di Bireuen Terbanyak

Kalau jadwal pendaftaran di BKPSDM Bireuen sendiri sedang menunggu petunjuk teknis. Jadwal pendaftaran dan pengumuman ditetapkan 11 hingga 25 November 2019.

Kendati demikian, Mawardi meminta agar pelamar dapat terus memantau dan melihat website yang berkaitan dengan peneriman CPNS, sehingga tidak ketinggalan informasi atau dapat ditanyakn pada panitia di BKPSDM Bireuen.

“Kita meminta agar setiap peserta dapat memantau website yang berkaitan dengan peneriman CPNS, karena informasi lengkapanya di website, atau bisa langsung ke BKPSDM Bireuen,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru