oleh

Ini Total Pemilih untuk Pemilu 2019 di Aceh Utara

-Aceh, Politik-80 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara menyatakan jumlah pemilih untuk Pemilu 2019 saat ini tercatat sebanyak 421.053 jiwa. Hal tersebut diumumkan KIP saat pleno penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Minggu (17/2) kemarin.

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar menjelaskan, jumlah DPT hasil perbaikan tersebut tersebar di 1.879 tempat pemungutan suara (TPS) meliputi 852 desa di 27 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

Zulfikar merincikan, dari hasil perbaikan itu terdapat pemilih masuk sebanyak 316 jiwa yang meliputi 297 pemilih laki-laki dan 19 pemilih perempuan. Sementara jumlah pemilih keluar sebanyak 320 orang.

“Pemilih yang masuk ataupun pemilih terjadi karena pindah domisili dan sebagiannya dari pemilih baru. Untuk pemilih yang pindah, mereka harus mengurus surat pindah memilih atau form A5 A-5 dengan batas satu bulan sebelum masa mencoblosan,” ujar Zulfikar.

Selain pemilih tambahan, lanjutnya, ada juga yang namanya pemilih khusus (DPK). Saat ini KIP juga sedang mendata jumlah-jumlah pemilih khusus. Syarat bagi pemilih khusus adalah memiliki KTP dan dapat dipastikan terdaftar salam DPT.

Baca Juga  Polres Aceh Utara Perketat Keamanan Surat Suara

“Pleno kemarin, turut hadir empat komisioner KIP yakni Muhammad Usman, Fauzan Novi dan Munzir serta sektertaris KIP Hamdani. Turut hadir juga para PPK sari seluruh kecamatan, Panwaslih kabupaten dan unsur Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” pungkas Zulfikar.

Komentar

Berita Terbaru