oleh

Intensif Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) Jelang Pilkada Serentak 2020

PENANEGERI, Kutai Kartanegara – Personel satuan Sabhara (Samapta Bhayangkara) Polres Kukar (Kutai Kartanegara) menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) menjelang pilkada serentak 2020 di halaman Mapolres Kutai Kartanegara, Kamis (05/03/2020).

Kapolres Kukar (Kutai Kartanegara) AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kasat Sabhara Polres Kutai Kartanegara AKP Suyono, menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

“Latihan rutin akan memperkuat kemampuan kita, dan tanpa latihan, kita tidak akan memiliki kemampuan. Siapapun Anda pasti memerlukan sebuah latihan. Ibarat pisau apabila tidak diasah maka akan tumpul, jadi latihan ini kita lakukan empat kali dalam sebulan,” jelas AKP Suyono.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan rangkaian program kerja Satuan Sabhara Polres Kukar, yaitu berupa peningkatan kemampuan personil dalam upaya pengendalian massa.

Kasat Sabhara Polres Kutai Kartanegara mengatakan, kemampuan pengendalian massa tidak hanya harus dimiliki anggota Sat Sabhara, melainkan seluruh anggota Polri, termasuk anggota Reskrim, Intel, Lantas, Resnarkoba, Binmas dan staf juga harus menguasainya.

“Sehingga apabila diperlukan dilapangan bisa hadir cepat dan mampu bertindak secara profesional. yang dilengkapi motor trail dan senjata pelontar gas air mata, serta 1 tim negosiator,” jelasnya AKP Suyono.

Pelatihan pengendalian massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas ini dilakukan hari ini juga bertujuan persiapan untuk menjelang Pilkada 2020.

“Tahun ini daerah kita ini melaksanakan Pilkada, sehingga hal ini perlu kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya Kasat Sabhara Kukar (Kutai Kartanegara) AKP Suyono. (RED/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *