oleh

Isu Telur Palsu adalah Hoax

PENANEGERI, Jakarta – Kabar isu yang menyebutkan bahwa ada telur palsu yang beredar di pasaran, ternyata kabar tersebut adalah hoax alias kabar yang tidak benar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Sri Hartati menegaskan bahwa kabar adanya peredaran telur palsu di salah satu pasar itu merupakan kabar yang tidak benar alias hoax.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) bersama PD Pasar Jaya dan Food Station, mengklarifikasi isu telur palsu di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, yang viral di media sosial, di Jakgrosir, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/3).

“Yang selama ini disampaikan secara viral di media massa, untuk DKI Jakarta enggak ada telur palsu,” ujar Sri di Jakarta, Selasa (20/3).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak ada telur palsu yang beredar di pasaran. Penegasan ini untuk menepis isu yang beredar di masyarakat terkait permasalahan tersebut.

“Tidak ada istilah itu telur plastik. Itu bukan dari ayam. Enggak ada sama sekali. Bahwa itu positif DNA dari ayam. Yang dilaporkan, yang disangkakan, ada sekelompok itu bukan telur ayam, tidak benar,” tegasnya.

Selain itu, dia menjamin telur yang ada di Jakarta saat ini aman dikonsumsi masyarakat. Kemudian telur yang dijual bukanlah palsu.

“Silakan masyarakat Jakarta membeli. Telur ayam itu asli, enggak ada yang palsu,” jelasnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas (KPKP)  DKI Jakarta Sri Hartati mengatakan, setelah beredar secara viral video telur palsu di media sosial maka pihaknya segera  melakukan pengecekan dan mengambil sampel dari lapangan.

“Kami bersama tim turun ke lokasi melakukan pengujian. Ternyata secara fisik tidak ada yang dilaporkan masyarakat bukan telur asli. Tapi, itu sebenarnya telur asli,” jelas  Sri.

Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa di Jakarta tidak ada telur palsu berbahan plastik yang diisukan beredar di masyarakat. Hal ini setelah dilakukan pengecekan dan pengujian melalui laboratorium.

“Hasilnya, sampel telur asli, bahkan memiliki kualitas baik. Jadi masyarakat jangan gampang termakan isu yang tidak benar, harus bijak dalam menanggapinya. Saya tegaskan tidak ada telur palsu yang beredar di Jakarta,” pungkas Sri dalam konferensi pers di Jakgrosir, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/3). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *