oleh

JaDI Langsa Minta KIP Lakukan Sosialisasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Secara Intensif

-Aceh, Politik-118 views

PENANEGERI, Langsa – Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kota langsa meminta KPU/KIP kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi aturan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019, secara intensif.

“KIP daerah hendaknya sudah mulai melakukan sosialisasi secara masif kepada pemangku kepentingan pemilu terkait PKPU Nomor 3 Tahun 2019,” sebut Korda JaDI Kota Langsa, Marida Fitriani, MP,l kepada Penanegeri.com, Rabu (20/2).

Dijelaskannya, sosialisasi dilakukan dengan memberikan bimbingan teknis mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

“Peraturan tersebut sangat kompleks dan rentan menimbulkan persoalan jika tidak dipahami dengan baik, terlebih lagi ada beberapa peraturan yang berbeda dari pemilu- pemilu sebelumnya,” terang Marida Fitriani.

Karenananya, JaDI mendorong KPU membentuk buku panduan yang dapat digunakan sebagai rujukan praktis bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sehingga, pada saat pelaksanaan pemilu, KPPS tidak mengalami banyak kesulitan.

“KPU/KIP yang ada di daerah juga seharusnya dapat melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilu 2019, dimulai dari surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota,” ujarnya.

Baca Juga  Menderita Tumor Ganas, Nek Aminah di Kuala Bireuen Butuh Uluran Bantuan

Ia juga mengimbau kepada KPU/KIP kabupaten/kota dapat bekerja sama dengan berbagai media untuk menyampaikan penjelasan tentang materi PKPU Nomor 3 tahun 2019 secara terbuka dan transparan melalui media TV, cetak, online maupun media sosial, kepada masyarakat agar masyarakat juga memahami bagaimana cara memberikan suara melalui Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada pemilu 17 April nanti.

“Selain dari aturan tentang sah/tidak sahnya surat suara terdapat juga beberapa aturan baru yang juga harus diketahui oleh pemilih terkait jumlah surat suara dan hak-hak pemilih,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru