oleh

Jalani Pola Hidup Sehat Bersama Prolanis

PENANEGERI, Langsa – Menjalani usia senja dengan sehat adalah keinginan banyak orang terutama mereka yang telah memasuki paruh baya, berusia lebih dari 50 tahun seakan mengingatkan bahwa dirinya tak lagi muda.

Seperti halnya dengan Ilyas (52), peserta JKN-KIS dari segmen PBI-APBN yang terdiagnosa penyakit jantung koroner sejak Juli 2017. Tubuhnya yang dulu kuat dan kekar sekarang berangsur mengecil mengikuti kondisi fisik yang sudah tidak lagi prima. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada KIS yang dimilikinya, Ilyas rutin berobat demi menjaga kesehatannya tubuhnya.

Ia juga terdaftar sebagai peserta Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Puskesmas Darul Aman pada November 2018 hingga saat ini. Berbagai kegiatan promotif dan preventif telah diikuti, termasuk pemeriksaan HBA1C dan gula darah, Rabu (26/6) lalu.

“Saya sangat terbantu dengan BPJS Kesehatan dan KIS, banyak program-programnya yang saya ikuti sehingga jantung saya tidak kambuh. Saya juga aktif kegiatan kelompok di Puskesmas, ada senam, cek kolekstrol dan tensi, setiap minggu di catat, supaya bisa selalu dipantau,” ujar ayah satu anak ini, Selasa (2/7).

Baca Juga  Periksa Peserta Prolanis, BPJS Kesehatan Langsa Gandeng Prodia

Pria ini juga mengaku sangat antusias dan selalu meluangkan waktu bersama anggota klub Prolanis berbagi cerita dan pengetahuan khususnya terkait penyakit kronis. Materi tentang kesehatan yang disampaikan oleh Dokter setiap awal bulan turut menjadi bahan diskusi mereka, sehingga dengan aktif dalam kegiatan kelompok juga menguatkan tali silaturahim antar anggota.

“Menjaga kesehatan jauh lebih baik dari pada mengobati, hendaknya kita lebih perhatian dengan kesehatan diri sendiri sebelum jatuh sakit, apalagi bagi orang yang sudah berumur seperti saya ini,” tutup Ilyas.

Komentar

Berita Terbaru