oleh

Jamin Tidak Bergeser, Satgas Yonif MR 411 Patroli Patok Batas Negara Sejauh 21 Km

PENANEGERI, Merauke – Untuk memastikan patok batas negara RI-PNG dalam kondisi aman dan tidak bergeser, Tim Patroli Yanggandur, Satgas Yonif 411 harus menempuh perjalanan sehari semalam berjarak 21 Km untuk mencapai patok MM.13.1.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan Dansatgas, sebagai satuan yang diberikan tanggung jawab menjaga keamanan perbatasan RI-PNG, selain itu juga bertugas untuk memastikan patok batas antar negara dalam kondisi aman dan baik.

“Untuk meyakinkannya, digiatkanlah patroli-patroli rutin seperti yang dilakukan Pos Yanggandur pimpinan Letda Inf Muhammad Rizal,” ucap Rifky.

“17 patok itu yang harus dijaga dan dipastikan keberadaannya demi tegaknya keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terangnya.

Menurut Rizky, sampai saat ini 17 patok perbatasan yang menjadi tanggung jawab Satgas dari MM.11.2 sampai MM.14B, seluruhnya dalam kondisi baik.

“Kita harus memastikan patok tersebut tidak bergeser dan rusak, saat ini semua diposisinya karena kita cocokkan dengan koordinat GPS sesuai kedudukan awal,” pungkas Dansatgas.

Sementara itu, Letda Inf Muhammad Rizal mengatakan untuk sampai patok MM.13.1, dirinya beserta tujuh anggota tim patroli harus berjalan selama sehari semalam.

“Selain jaraknya cukup jauh, medan yang dilalui harus melintasi rawa-rawa dan sungai yang belum ada jembatannya, membuat personel harus waspada dan berhati-hati,” terang Rizal.

“Setelah menempuh jarak 21 Km, akhirnya Tim Patroli sampai di tujuan yaitu Patok MM 13.1. Setelah dilakukan pengecekan oleh personel kondisinya baik dan plat besi prasasti yang ada dipatok dalam keadaaan aman,” pungkasnya. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru