oleh

Jelang HUT OPM 1 Desember, Kapolda Papua: Ada Ancaman Keamanan

PENABEGERI, Jakarta – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan ada ancaman keamanan yang perlu diantisipasi menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM). Seperti diketahui, HUT OPM jatuh tiap 1 Desember.

“Ada (ancaman keamanan), mereka ingin merayakan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Papua Barat atau West Papua yang sudah mereka peringati sejak 1962 itu versi mereka,” ujar Paulus di kampus UI Salemba, Jl Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Paulus tak menyebutkan secara spesifik ancaman keamanan yang dia maksud. Namun Paulus memastikan Polda Papua telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Upaya yang kita lakukan juga yang kita sudah menyiapkan berbagai cara-cara bertindak untuk mengantisipasi itu semua. Sambil kita pendekatan membangun komunikasi kemudian juga melakukan cipta kondisi,” jelas Paulus.

Paulus menambahkan, dalam rangka menjaga situasi kondusif, Polda Papua mengadakan sejumlah kegiatan untuk mengarahkan kaum muda melakukan hal positif.

“Jadi anak-anak muda kita buat agenda berbagai aktivitas, event-event olahraga, kesenian, dan arahan-arahan ceramah yang itu kita lakukan,” ucapnya.

Kekhawatiran akan adanya gangguan kamtibmas tak hanya diungkapkan Polri, Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya mengatakan pemerintah bakal mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dapat terjadi di HUT OPM.

“Ya itu juga jadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya, segi keamanan sudah standar, segi politis itu kadang-kadang bangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya tidak ada,” kata Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11). (*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru