oleh

JKN-KIS Ringankan Beban Rosdiana dan Keluarga

PENANEGERI, Aceh Tenggara – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dirasakan manfaatnya oleh jutaan warga penduduk Indonesia.

Satu di antaranya adalah Rosdiana Simamora, seorang wanita yang kesehariannya berjualan buah salak di Desa Batu Mbekhong, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara.

“Suami saya berobat 2 minggu sekali untuk bertemu dengan dokter spesialis saraf dan mendapatkan fisioterapi karena kondisi low back pain yang diderita sejak Maret 2017. Alhamdulillah, ada JKN-KIS ini. Kalau memang harus bayar, saya nggak sanggup bawa suami saya berobat, karena pernah kami coba sekali tanppa JKN KIS, biaya yang dikeluarkan sampai habis Rp 1 juta. Kalau setiap minggu begitu, dari manalah biayanya. Sementara, penghasilan pun terbatas dan terkadang tidak sampai sejuta sebulan,” tutur Rosdiana, menceritakan pengalamannya yang mendapatkan manfaat dari program JKN-KIS, Selasa (12/3).

“Jadi puaslah perasaan saya, alhamdulillah ada JKN-KIS ini. Kami sangat terbantu, nggak pernah ada masalah obat atau apapun. Sudah lebih dari cukup yang dijamin BPJS Kesehatan,” tambah wanita berdarah batak itu.

Baca Juga  Tornadoes FC Juara Piala KNPI Aceh Utara Cup 2019

Selain menceritakan pengalaman pribadinya menggunakan KIS, Rosdiana juga mengapresiasi pelayanan di Puskesmas. Menurutnya, layanan di Puskesmas tak kalah baiknya dengan di rumah sakit.

“Kemarin saya pernah berobat sendiri ke Puskesmas karena tangan kanan saya kebas. Dokternya langsung memeriksa saya dengan perhatian. Dokter juga memberikan obat serta menyuruh saya untuk menjaga makanan, karena asam urat saya naik. Ya sekarang memang harus rajin jaga kesehatan. Walau sudah ada JKN-KIS, sehat tetap lebih enak,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru