oleh

Jokowi Janji Tak Bangun Pabrik di Ibu Kota Baru

PENANEGERI, Balikpapan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak ada klaster industri di ibu kota negara (IKN) yang baru. Presiden Jokowi menjanjikan tidak ada pembangunan pabrik.

“Tidak ada klaster industri, tidak ada pabrik, harus ditekankan,” kata Presiden Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019), dilansir dari laman detik.com.

IKN yang baru terletak di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar). Lahan 56.000 hektare disiapkan untuk kawasan inti.

Sejumlah bibit pohon akan disiapkan pemerintah untuk menghijaukan lokasi. Apa saja?

“Bu Siti (Menteri LHK) juga sudah siapkan kebun bibit seluas 100 hektare ini baru mencari tempat datar sehingga akan disiapkan bibit fast growing spesies, ekaliptus, akasia, tapi juga ada pohon asli di sini, kampar, kapur, ulin, bengkirai, itu yang mau disiapkan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyerahkan kepada Pemda untuk pengendalian tata kota. Presiden Jokowi tidak ingin IKN yang baru jadi kota kumuh.

“Kalau dibiarkan bisa saja kita akan memiliki kota yang padat karena pemda tidak mengendalikan sesuai dengan kemampuan daya dukung yang ada,” ujar Presiden Jokowi. (*/dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *