oleh

Kadis Kominfo Aceh : Website Gampong Bentuk Keterbukaan Pembangunan di Desa

PENANEGERI, Bireuen – Website gampong akan mempermudah masyarakat, memperoleh informasi mengenai desa, sebagai bentuk keterbukaan informasi publik terhadap percepatan pembangunan desa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, diwakili Kadis Komunikasi, Informatika dan Persandian Bireuen, M Zubair SH, MH saat membuka secara resmi kegiatan Training Of Trainer (TOT) tahap II Tahun 2019, di Hotel Djarwal, Rabu (31/7).

“Dengan adanya Webset gampong, maka dapat mengoptimalkan pembangunan gampong yang akuntabel, terbuka dan berpihak pada masyarakat desa,” katanya.

Dijelaskan M Zubair, Website gampong dengan domain gampong.id merupakan aplikasi yang dibangun oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh pada tahun 2018.

Dimana aplikasi ini terus dikembangkan oleh Tim Pengembangan Aplikasi Sistem Aplikasi Aceh Terpadu (SIAT) pada Dinas Kominfo dan Persandian Aceh.

“Pemerintah kabupaten/kota juga tidak perlu menganggarkan biaya iuran penggunaan Domain dan Hosting untuk web tersebut,” ujarnya.

Sebab, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian terus berupaya mencari jalan keluar, untuk tercapainya tujuan yang kita inginkan didalam mensukseskan penerapan web gampong.

Baca Juga  Dishub Langsa Uji Coba Rekayasa Jalur Satu Arah

“Dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka mendukung program Pemerintah Aceh, khususnya Program Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu) yang sedang dilakukan saat ini,” ujarnya.

Sebelumnya Kasi Pengembangan Ekosistem Egoverment Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Aceh, Iman Jaya ST mengatakan, pelatihan ini digelar dua hari dan berakhir, Kamis (1/8).

Ia menjelaskan, pelatihan diikuti 46 peserta dari 6 kabupaten/kota, yakni dari Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Kota Banda Aceh serta dari Diskominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, unsur kecamatan.

Menurutnya, pelatihan ini untuk peningkatan sumber daya manusia dibidang teknologi informasi dan komunikasi pada satuan kerja perangkat kabupaten/kota, khususnya dalam mengelola website gampong.

“Kita  harapkan dengan TOT ini, akan menghasilkan tenaga trainer web gampong dari kabupaten/kota, nantinya dapat melatih kembali admin dari gampong-gampong,” harap Imam.

Komentar

Berita Terbaru