oleh

Kadis Pertanian Aceh Tamiang : Mesin Pemotong Padi Minim

-Aceh-125 views

PENANEGERI, Langsa – Terkait informasi langkanya alat pertanian mesin pemotong padi (Combine Harvester), Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang Yunus, mengakui, alat tersebut masih minim.

“Kita sudah usulkan tapi masih sedikit jumlahnya,” sebut Yunus, kepada Penanegeri.com, Minggu (8/3).

Dijelaskannya, setiap tahun pihaknya mengusulkan bantuan mesin combine harvester. Namun, karena harganya mahal, maka belum bisa dibantu lebih banyak mesin pemotong padi tersebut.

“Setiap tahunnya kita usul ke Dirjen. Tapi arahannya sekarang harus brigade, makanya peruntukan bagi masyarakat dikurangi,” jelas Yunus.

Selain itu, saat ini masa panen berlangsung serenrtak, sehingga combine harvester dari Sumatera Utara, tidak ada yang masuk ke Aceh Tamiang.

“Selama ini banyak alat dari Sumut masuk. Karena panen serenrak, mungkin tidak ada yang masuk sehingga kekurangan.” terangnya

Menurutnya, hal inilah salah satu penyebab langkanya mesin pemotong padi di Aceh Tamiang. Disamping, masih minimnya alat tersebut di kabupaten berjuluk ‘Bumi Muda Sedia’ tersebut.

Sementara itu, terkait adanya dugaan penyimpangan penggunaan mesin pemotong padi oleh oknum tertentu atau kelompok tani penerima manfaat combine harvester. Dirinya, meminta masyarakat untuk melaporkannya pada pihak berwajib, agar menjadi efek jera bagi oknum nakal tersebut.

“Kalau ada bukti langsung aja laporkan. Jangan hanya menuding tanpa pembuktian sehingga menjurus fitnah,” tutup Yunus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *