oleh

Kanwil Bea Cukai Aceh dan KPPBC Langsa Hibahkan 25 Ton Bawang Merah

-Aceh-34 views

PENANEGERI, Langsa – Kanwil Bea Cukai Aceh bersama Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Kuala Langsa, menghibahkan sebanyak 25 ton bawang merah ilegal asal Thailand hasil penindakan pidana penyelundupan pabean di perairan ujung Aceh Tamiang pada 23 Mei 2018 lalu.

Penyerahan hibah bawang merah kepada masyarakat Kota Langsa dan Aceh Timur tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Bea Cukai Kuala Langsa Muhammad Syuhada, Senin (4/6), di Kantor Bea Cukai setempat.

Untuk Aceh Timur bawang hibah diterima oleh Kepala Dinas Koperindag Iskandar, SH, dan untuk Kota Langsa diterima oleh Sekretaris Daerah H. Syahrul Thaeb.

Muhammad Syuhada menyampaikan, total bawang merah yang dihibahkan sebanyak 2.540 karung dan masih layak konsumsi. Masing-masing daerah menerima bawang hibah sebanyak 1.440 karung untuk Kota Langsa dan 1.100 karung untuk Aceh Timur, dengan total perkiraan nilai Rp 500 juta.

“Hibah barang bukti bawang merah ini sebelumnya telah dilakukan pengujian laboratorium Karantina Pertanian dan dinyatakan bebas OPTK serta layak konsumsi. Sehingga mendapatkan penetapan hibah dari ketua Pengadilan Negeri Kualasimpang Nomor : 2/Pen.Pid/2018/PN,” sebut Syuhada.

Baca Juga  Wakil Walikota Langsa Terima Lencana Melati Pramuka

Dijelaskannya, hibah bawang merah tersebut dilakukan sesuai dengan komitmen dari Bea Cukai Aceh untuk memanfaatkan barang hasil penindakan kepabean dan cukai agar dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat kurang mampu. Sehingga, setelah melakukan tahapan proses hibah, akhirnya Bea Cukai melakukan hibah atas dasar penetapan PN Kualasimpang.

“Untuk diketahui, bahwa bawang merah yang dihibahkan ini merupakan hasil penindakan penyeludupan yang dilakukan oleh KM Ilham di perairan Aceh Tamiang pada 23 Mei 2018 lalu. Dimana aksi illegal ini berhasil digagalkan oleh operasi patroli laut Bea Cukai sandi “Jaring Sriwijaya” dan langsung diamankan ke pelabuhan Kuala Langsa sebelum akhirnya dibawa ke gudang karantina Bea Cukai Langsa,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru