oleh

USS Thunderbolt Beri Tembakan Peringatan pada Kapal Iran

PENANEGERI, Desk Interansional – USS Thunderbolt sebuah kapal Angkatan Laut A.S. melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal Iran di dekat Teluk Arab utara pada hari Selasa (25/7) setelah kapal tersebut berada dalam jarak 150 yard (137 meter), kata seorang pejabat A.S. kepada kantor berita Reuters.

USS Thunderbolt kapal patroli Angkatan Laut AS tersebut melepaskan tembakan peringatan di dekat sebuah kapal angkatan laut Iran saat pertemuan menegangkan di Teluk Persia.

Insiden tersebut terjadi pada hari Selasa ketika kapal USS Thunderbolt, kapal patroli kelas Cyclone sedang latihan bersama dengan kapal Amerika dan kapal lainnya di perairan Teluk Persia.

Pejabat tersebut, yang berbicara tentang kondisi anonimitas, mengatakan bahwa kapal USS Thunderbolt memberikan tembakan peringatan setelah kapal Iran tersebut mengabaikan peringatan radio dan peluit kapal tersebut. USS Thunderbolt berlayar bersama beberapa kapal Coast Guard AS.

Kapal Iran tersebut tampaknya berasal dari Korps Garda Revolusi Islam Iran, pejabat tersebut menambahkan.

Ketegangan antara kedua sempat mereda ketika Washington mencabut sanksi terhadap Teheran tahun lalu sebagai bagian dari kesepakatan untuk membatasai nuklir Iran.

Namun perbedaan serius tetap ada pada program rudal balistik Iran dan konflik di Suriah dan Irak.

Selama kampanye kepresidenan September lalu, Trump bersumpah bahwa kapal-kapal Iran yang dianggap melecehkan Angkatan Laut A.S. di Teluk akan “keluar dari air.”

Insiden serupa terjadi sesekali, yang terakhir pada bulan Januari ketika perusak Angkatan Laut A.S. melepaskan tiga tembakan peringatan di dekat empat kapal penyerang cepat Iran di dekat Selat Hormuz, setelah kapal Iran berlayar dengan kecepatan tinggi dan mengabaikan permintaan berulang untuk melambatkan kecepatan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *