oleh

Kasdam XVII/Cenderawasih Kunjungi Warga Kampung Kimbeli, Timika

PENANEGERI, Timika – Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa mengunjungi warga Kampung Kimbeli di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Setibanya di Kampung Kimbeli, Kasdam Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa langsung menemui Derek Alom selaku Ketua RT Kimbeli beserta warga Kampung Kimbeli, hari Sabtu (14/4).

Dalam kunjungan tersebut Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa didampingi oleh Kolonel Inf Frits W R Pelamonia (Danbrigif 20/IJK sebagai Dansatgas terpadu TNI), Letkol Inf Windarto S.Sos, MM (Dandim 1710/Mimika) dan Mayor Kav Hanung Saptiaji (Danden Kav 3/SC).

Dalam kesempatan ini Kasdam XVII/Cenderawasih meninjau para warga yang merupakan korban dari KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) beberapa waktu lalu.

Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa juga berbincang-bincang langsung dengan para warga untuk menanyakan kondisi kesehatan mereka.

Kunjungan ini bertujuan untuk menggugah semangat dan memberikan motivasi kepada seluruh warga Kampung Kimbeli.

Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa juga menyampaikan bahwa seluruh pihak baik dari TNI maupun warga masyarakat harus saling bantu membantu menciptakan dan menjaga keamanan di wilayah ini, “Jika ada melihat ada sekelompok warga yang bersenjata atau mengancam keamanan datang ke Kampung Kimbeli komplek segera dilaporkan kepada aparat yang berjaga sehingga dapat secepat mungkin diambil tindakan,“ tegas Kasdam.

Baca Juga  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

“Anak anak yang ada di kampung Kimbeli dan sekitarnya, mari jaga kesehatannya dan diberikan pendidikan yang layak karena merekalah generasi masa depan Putra Putri dari Tanah Papua, sebab sudah banyak Putra Putri Papua yang sudah sukses baik di bidang pemerintahan, militer maupun kepolisian,“ tambah Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Selain itu, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa juga menghimbau agar para warga lebih produktif, yaitu mengisi kegiatan sehari-hari dengan mengelola tanah yang subur dengan menanam sayur mayur dan memelihara ternak, agar hasilnya dapat di jual ke PT FI sehingga PT FI tidak perlu membeli sayur-sayuran dari luar daerah.

Dalam kesempatan ini, ketua RT Kimbeli, Derek Alom yang mewakil warga Kampung Kimbeli mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa dan rombongan yang sudah datang ketempat ini dapat melihat keberadaan kami saat ini.

“Kami berterima kasih terhadap pihak aparat keamanan khususnya TNI yang sudah menjaga kami dari kelompok bersenjata yang selama ini mengancam dan mengganggu aktifitas kehidupan kami sehari hari sehingga kami selalu merasa ketakutan dan tidak bisa berbuat apa-apa bahkan masyarakat kami sampai ada yang mengungsi ke Kampung Arwanop sekitarnya untuk menghindari dari sekelompok yang bersenjata,“ kata Ketua RT Kampung Kimbeli Derek Alom.

Baca Juga  Peristiwa Pemerkosaan Guru di Papua oleh KKB Resahkan Masyarakat

“Kami warga setempat tidak menerima keberadaan mereka (KKSB-red) karena mereka merupakan musuh kami yang selama ini sudah membuat kami susah, mengambil harta benda kami dan hidup kami penuh dalam ancaman. Kami meminta kepada pihak aparat keamanan agar secepatnya membangun Pos-Pos di beberapa tempat dan ditempati supaya mereka tidak bisa masuk kekampung lagi,“ tambahnya.

Selain itu Ketua RT Kimbeli juga berharap kepada pemerintah dan pihak PT FI agar secepatnya membangun kembali Fasilitas sekolah dan rumah sakit yang sudah dibakar oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) supaya anak anak mereka dapat sekolah kembali dan warga yang sakit dapat berobat di rumah sakit yang terdekat.(Prd/cen)

Komentar

Berita Terbaru