oleh

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat di Indonesia

-Aceh-17 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Kasus kekerasan terhadap perempuan terus meningkat di Indonesia berdasarkan data dari Komnas Perempuan. Tahun 2017, kasus tersebut meningkat jadi 348.446 kasus dibanding tahun sebelumnya yaitu 259.150 kasus.

“Berdasarkan data-data tersebut, jenis kekerasan terhadap perempuan yang paling menonjol selama ini masih didominasi kekerasan dalam rumah tangga dan relasi personal yaitu sebanyak 71 persen,” ungkap Direktur LBH Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) Aceh, Roslina Rasyid kepada wartawan, Minggu (2/12).

Sementara itu, sambung Roslina, kekerasan seksual mencapai 76 persen. Angka yang semakin mengkhawatirkan itu terus menerus terjadi diberbagai wilayah di Indonesia. Sementara di Aceh yang meliputi wilayah Lhokseumawe, Aceh Utara dan Bener Meriah, pihaknya mencatat sejak Januari sampai November 2018 terdapat 92 perempuan mengalami kekerasan ada 17 kasus kekerasan seksual.

“Kekerasan seksual terhadap anak perempuan masih posisi paling tinggi kasusnya dan itu menunjukkan bahwa perlindungan terhadap anak masih belum maksimal dilakukan,” ujar Roslina.

Roslina menyebut, pelaku kekerasan merupakan orang–orang terdekat korban, orang-orang yang seharusnya memberi perlindungan terhadap korban berubah menjadi pelaku kekerasan. Kondisi ini, lanjutnya, menunjukkan bahwa rumah dan lingkungan keluarga belum menjadi tempat yang aman dan terlindungi bagi perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan utamanya kekerasan seksual.

“Akibat dari kekerasan seksual, korban dapat kehilangan hak untuk hidup sejahtera lahir dan bathin. Dalam Pasal 28H (1), hak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia Pasal 28G (2) dan bahkan kehilangan haknya untuk hidup Pasal 28A,” jelasnnya

Menyangkut hal ini, pihaknya akan menggelar Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (K16HAKtP). Kampanye itu melalui jalan Santai di Car Free Day di Waduk bersama masyarakat  Kota Lhokseumawe dan beberapa kegiatan lainnya.

Komentar

Berita Terbaru