oleh

Kecamatan Juli Bireuen Kembangkan Wisata Alam dan Islami untuk Pemasukan PAD Desa

PENANEGERI, Bireuen – Guna menambah pemasukan PAD desa, maka setiap desa di Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen harus mengembangkan potensi wisata alam yang selama ini belum tergali secara nyata.

Menyahuti hal ini, Camat Kecamatan Juli, Bireuen segera melakukan rapat koordinasi dengan perangkat di 36 desa guna membahas potensi yang dapat dikembangkan menjadi pemasukan ekonomi dan PAD desa.

“Salah satunya dengan mengembangkan potensi wisata alam dan Islami di desa masing-masing, karena wilayah Juli banyak memiliki potensi tersebut,” ujar Camat Juli, Doli Mardian SE, M.S.M kepada Penanegeri.com, Sabtu (29/12).

Menurutnya, wilayah Kecamatan Juli banyak lokasi wisata alam, baik aliran sungai, waduk dan pergunungan yang belum dikembangkan untuk menambah pemasukan ekonomi bagi masyarakat.

Tujuan utama ini dilakukan gebrakan ini agar wisata alam yang ada di setiap desa itu dapat dikembangkan melalui BUMG desa, dengan memanfaatkan dana desa.

“Potensi ini dapat membangkitkan sektor PAD gampong. Sarana itu juga dapat dimanfaatkan untuk menggais rezaki bagi pedagang, termasuk peluang bagi pemuda,” imbuhnya.

Baca Juga  Dikepung Banjir, Proses Belajar Mengajar Sejumlah Sekolah di Bireuen Terhenti

Rencananya, tambah Camat Juli itu, program ini akan dilakukan awal 2019, dan setiap Keuchik dan perangkat desa itu dapat melapor potensi yang dapat di kembangkan untuk objek wisata Islami.

Untuk tahap pertama, Muspika Juli mengapresiasi pihak pengurus cabang olahraga Arum Jeram Bireuen yang mulai merintis wisata arum jeram di Krueng Simpo, Juli.

Bahkan hasil koordinasi, dalam waktu dekat ini pengurus olahraga arum juga Bireuen juga  akan membuka dan merintis arum jeram lintasan Krueng Pantee Peusangan hingga ke Bivak.

“Ini merupakan awal sebuah usaha membangkitkan potensi wisata di daerah, dengan tetap mengedepankan syariat Islam, menjaga lingkungan, di samping dapat menghidupkan ekonomi bagi pedagang kecil di desa setempat,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru