oleh

Kedutaan Besar AS Minta Maaf dan Siap Memfasilitasi Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat

PENANEGERI, Jakarta – Pihak Kedutaan Besar AS telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanannya terhadap Jenderal Gatot Nurmantyo.

Kedutaan Besar AS juga menyatakan tetap siap untuk memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat, seperti tertulis dalam Pernyataan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

“Kami tetap berkomitmen untuk Kemitraan Strategis kami dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi kedua bangsa dan masyarakat,” tulis Kedutaan besar Amerika Serikat dalam siaran persnya.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi setelah bertemu dengan Wakil Kedutaan Besar (Wadubes) AS untuk Indonesia Erin Elizabeth McKee, terkait soal tidak jadi berangkatnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menlu Retno mengatakan pemerintah AS telah meminta maaf terkait masalah situasi tersebut.

“Mereka juga regret and apology terhadap situasi yang terjadi, yang menyebabkan ketidak nyamanan ini,”ujar Menlu Retno di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (23/10).

Dalam pertemuan tersebut, pihak kedutaan AS telah menyampaikan bahwa mereka sudah mencabut larangan tersebut. Menlu Retno memastikan Jenderal Gatot Nurmantyo dan rombongan sudah bisa melanjutkan kunjungan ke Amerika Serikat.

“Jadi mereka bilang kami sangat menyambut baik kunjungan dan tidak ada batasan dalam bentuk apa pun dan terdapat keinginan dari Jenderal Danford untuk berkomunikasi dengan Gatot Nurmantyo. Kemudian mereka juga menyampaikan bahwa larangan itu sudah tidak ada, dicabut,” jelas Menlu Retno.

Sebelumnya Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Joseph Dunford mengundang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism yang diadakan pada 23-24 Oktober di Washington, DC Namun Jenderal Gatot Nurmantyo tidak dapat melakukan perjalanan sesuai rencana.

Untuk itu maka Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui siaran pers di situs resminya menyatakan siap berupaya untuk memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *