oleh

Kejari Bireuen Periksa Tersangka Korupsi Proyek Pengaman Tebing Krueng Samalanga

PENANEGERI, Bireuen – Dua dari tiga tersangka yang terlibat dugaan korupsi proyek pengaman tebing Krueng Salamanga, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen diperiksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen.

Ketiga tersangka ini diduga terlibat dalam korupsi pekerjaan proyek tahun 2016 lalu yang dilaksanakan melalui Badan Pananggulangan Bencan Daerah (BPBD) Bireuen dengan anggaran Rp 4,5 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen, Mochamad Jeffry SH MHum melalui Kasi Intel, Fakhrillah SH MH didampingi Plh Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Muhamad Gempa Awaljon Putra SH MH kepada wartawan, Kamis (20/12) mengatakan, dua dari tiga tersangka yang diperiksa penyidik yakni TM, selaku pemilik perusahaan, dan Naz sebagai Direktur Perusahaan PT Yedecober Jaya Abadi Lhokseumawe.

“Kalau tersangka lainnya yaitu Mul sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari BPBD Bireuen, tidak bisa hadir alasan sedang sakit, hal ini dibuktikan dengan surat keterangan dokter,” katanya.

Keduanya diperiksa selama enam jam sejak pukul 14.00 hingga pukul 19.00 WIB dan selama pemerikasan tersebut, keduanya tidak didampingi penasehat hukum.

“Keduanya diperiksa secara terpisah dan diperiksa masing-masing oleh satu orang penyidik,” ungkap Kasi Intel, Fakhrillah SH MH.

Peremeriksan keduanya ini, sambung Fakhri, sebagai tersangka, guna melengkapi berkas perkara dan pendalaman materi pemeriksaan lanjutan.

“Dari hasil pemeriksaan keduanya masih kooperatif, dan hadir saat kita periksa. Kita harapkan ke depannya juga lebih kooperatif,” ujar Fakhrillah.

Sementara itu Plh Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Muhamad Gempa Awaljon Putra SH MH mengaku, untuk pemeriksaan sementara ini sudah memadai dan selama pemeriksaan tersangka ini juga tidak bersedia didampingi penasehat hukum yang telah ditunjuk.

“Untuk selanjutnya, mereka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dijadwalkan akan dilakukan awal Januari 2019 mendatang,” terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *