oleh

Kelompok “Kick It Out” Dukung Romelu Lukaku

PENANEGERI, Sepakbola – Kelompok anti diskriminasi Kick It Out telah menghubungi pihak Manchester United menyusul keluhan atas sebuah nyanyian “ofensif” terhadap Romelu Lukaku.

Sebuah video muncul dalam kemenangan United atas Everton pada hari Minggu yang menunjukkan sebagian penggemar tim tuan rumah menyanyikan sebuah lagu tentang pemain internasional Belgia tersebut, yang telah dinilai mengandung stereotip rasis.

Kick It Out mengatakan akan bekerja sama dengan klub dan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) untuk mengatasi masalah tersebut dan telah memperingatkan para pelaku untuk mendapat hukuman.

“Kick It Out sadar akan cuplikan dugaan rasis oleh sebagian pendukung Manchester United yang muncul pada Rabu malam (13 September). Lirik yang digunakan dalam nyanyian itu menyinggung dan diskriminatif. Stereotip rasis tidak pernah diterima sepakbola atau masyarakat luas, terlepas dari niat untuk menunjukkan dukungan bagi seorang pemain,” kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilansir Omnisport, Selasa (19/9).

“Kami telah menghubungi Manchester United mengenai masalah ini dan akan bekerja sama dengan mereka dan FA untuk memastikan hal tersebut ditangani dengan cepat. Jika kami menerima laporan yang berkaitan dengan nyanyian diskriminatif tersebut, mereka akan diserahkan ke badan pemerintahan dan pelakunya bisa segera menghadapi hukuman,” tambah mereka.

“Kami tidak akan mentolerir hal semacam ini, karena ada hak-hak yang diremehkan terhadap kemanusiaan dan juga jauh dari nilai-nilai olahraga. Sikap rasis adalah hal buruk untuk sepakbola dan bisa menular jika menjadi kebiasaan, hal ini jelas harus diperangi,” sambungnya.

Kick It Out menyambut baik keputusan Chelsea bulan ini untuk menginstruksikan para penggemar agar tidak menyanyikan lagu tentang Alvaro Morata, yang dianggap anti-Semit.

Sebuah blog United juga telah meminta para penggemar untuk tidak menyanyikan sesuatu yang rasis terkait Lukaku dan telah mendapat tanggapan yang sangat mendukung.

Romelu Lukaku telah menikmati awal yang baik dalam karirnya di United sejak menandatangani kontrak dari Everton dengan biaya awal £ 75 juta, mencetak lima gol dalam lima pertandingan terakhir Liga Primer, termasuk dalam kemenangan 4-0 atas klub lamanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *