oleh

Kemenpan RB Nilai Pengadilan Negeri Langsa Siap Dapat Sertifikat WBK dan WBBM

-Aceh-211 views

PENANEGERI, Langsa – Tim Evaluator dari Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi, (Kemenpan RB) menilai bahwa Pengadilan Negeri (PN) Langsa cukup siap mendapat sertifikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Demikian disampaikan oleh Tim Evaluator dari Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi, (Kemenpan RB), Anesia Ribka didampingi, Dhika Hafizh dari Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, saat meninjau ke Kantor Pengadilan Negeri setempat, Rabu (27/11).

Dijelaskan Anesia Ribka, rangkaian zona penilaian integritas dilihat dari PN ini sudah membangun dan penilaiannya sendiri berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara yang telah ditetapkan.

“Kami melihat bagaimana komitmen dari pimpinan di sini sebagai Ketua PN dengan mengupayakan bagaimana pelayanan itu bisa menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selain itu juga, telah dilakukan pendekatan dengan masyarakat dan penguatan integritas serta menjaga bagaimana pengawasan dan penegasan di sini, sehingga sudah tidak ada lagi aduan-aduan masyarakat yang sifatnya masih ada pungutan liar.

Sehingga, lanjutnya, ada perubahan paradigma, dimana orang berpikir kalau berurusan dengan pengadilan itu susah, mahal, berbelit-belit perkaranya yang ternyata sudah ada banyak reformasi birokrasi yang terjadi di sini dan sudah tidak begitu repot lagi. Bahkan, sudah banyak inovasi-inovasi diberikan pengadilan untuk mempercepat atau mempermudah suatu proses perkara.

Baca Juga  Nelayan Aceh Timur yang Jatuh di Kuala Bugak Ditemukan Meninggal Dunia

Menurut Anesia, untuk informasi yang telah berjalan sudah cukup baik, pihaknya juga memperhatikan standar pelayanan bagaimana yang seharusnya ada dan harus diberikan kepada masyarakat secara optimal. Seperti, sudah tersedianya ruang hakim tersendiri untuk lelaki, perempuan dan anak untuk pemeriksaan.

Kemudian, PN Langsa juga sudah membuat pelayanan konsultasi via online melalui aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi Online (SIKOMO) yang dapat di akses via WhatsApp dan kami rasa itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Kota Langsa.

Lanjutnya, untuk mekanisme pengamanan agar mengurangi interaksi antara aparat dan pencari keadilan juga sudah mulai dibatasi tapi ternyata memang masih butuh pengembangan-pengembangan peningkatan pengawasan lagi, sehingga bisa kita tingkatkan kedepannya.

“Saya berharap, PN Langsa jangan cepat berpuas diri dengan prestasi saat ini tapi dapat terus ditingkatkan lagi kedepannya,” pungkas Anesia Ribka.

Amatan Penanegeri.com, kehadiran tim tersebut disambut langsung Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Dr Nurnaningsih Amriani, SH.MH, Humas PN, Kurniawan, SH.MH dan salah seorang hakim, Riswandy, SH.

Komentar

Berita Terbaru