oleh

Kenali dan Waspadai Penyebab Kepala Sering Pusing

-Kesehatan-176 views

PENANEGERI, Kesehatan – Munculnya penyebab kepala sering pusing bisa menggambarkan adanya sebuah kondisi kesehatan misalnya badan terasa lemah. Bahkan juga menimbulkan perasaan ingin pingsan. Seseorang dalam kondisi ini biasanya akan mengalami sensasi berputar-putar atau sering disebut dengan vertigo.

Sebenarnya apa saja yang jadi penyebab kepala sering pusing. Setiap orang pasti juga sudah pernah mengalami gangguan sakit kepala ataupun pusing. Namun mungkin yang membedakan yaitu tingkat intensitas ataupun frekuensinya. Beberapa orang pusing kepala hanya sesekali namun ada juga orang yang frekuensinya sering.

Bila anda sering mengalami pusing, tentunya ini merupakan hal yang mengganggu kenyamanan. Meskipun kelihatannya sepele, tapi jika Anda mengalami pusing yang sering maka tentunya produktifitas kerja bisa menurun dan bisa mempengaruhi tingkat kualitas hidup. Waspada akan hal itu, karena pada beberapa kasus pusing juga bisa jadi pertanda suatu penyakit dalam tubuh.

Penyebab Kepala Sering Pusing

Penyebab pusing merupakan salah satu alasan yang umum mengapa cukup banyak orang mengunjungi dokter. Walaupun bisa jadi membuat Anda tidak bebas beraktivitas, namun pusing biasanya bukan indikasi dari penyakit yang serius.

Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab seseorang dapat menderita pusing. Faktor penyebab itu bisa jadi hal yang ringan namun dapat juga karena pemicu yang berat. Berbagai penyebab dari kepala yang sering pusing sebagai berikut :

Minuman atau makanan tidak sehat

Berbagai jenis makanan dan minuman tertentu bila dikonsumsi berlebihan ternyata dapat juga menjadi penyebab kepala sering pusing.

Diantara jenis makanan tersebut adalah makanan berlemak tinggi, terlalu asin, terlalu asam, makanan yang mengandung MSG atau penyedap rasa. Dan untuk minuman yang bisa memicu pusing seperti minuman yang mengandung alkohol, minuman yang mengandung kaffein, dan minuman bersoda.

Kurang istirahat

Ternyata kurangnya waktu istirahat bisa jadi penyebab kepala sering pusing. Ini karena energi dan pikiran Anda terkuras jadi hal ini bisa menyebabkan pusing.

Tubuh kita pasti akan mengalami kelelahan juga mengalami berbagai gangguan bila terus dipaksa bekerja. Dengan demikian perlu disediakan waktu beristirahat agar tubuh dapat kembali segar dan bisa bekerja dengan optimal lagi. Cukup istirahat serta hindari begadang supaya Anda terhindar dari sakit kepala.

Cuaca yang ekstrim

Ada lagi penyebab kepala sering pusing selanjutnya yakni karena cuaca ekstrim. Faktor cuaca ekstrim bisa mempengaruhi zat kimia dalam otak sehingga akan memicu timbulnya kepala pusing. Yang masuk kategori cuaca ekstrim yaitu suhu yang terlalu dingin, terlalu panas atau kelembaban juga tekanan udara yang tinggi.

Hal ini terjadi jika Anda belum mampu beradaptasi di lingkungan yang baru. Saat mengunjungi suatu wilayah yang memiliki kondisi lingkungan yang jauh berbeda pada tempat asal, atau terjadinya perubahan cuaca ekstrim di suatu daerah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *