oleh

Kepala Badan Atom PBB : Iran Laksanakan Komitmen Terkait Nuklir

(Foto : Pembangkit listrik tenaga nuklir Busher di Iran. Foto: IAEA / Paolo Contri)

PENANEGERI, Desk Internasional – Kepala badan energi atom Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), The International Atomic Energy Agency (IAEA) saat mengunjungi Iran, pada hari Minggu (29/10) menyatakan bahwa komitmen yang dilakukan oleh negara Iran di bawah perjanjian nuklir 2015 sedang dilaksanakan.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Badan Energi Atom Internasional (The International Atomic Energy Agency IAEA), Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano telah bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Wakil Presiden dan Presiden Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi, serta Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, saat berkunjung ke ibu kota, Teheran.

Sejak Januari 2016, IAEA telah memverifikasi dan memantau pelaksanaan komitmen Iran terkait nuklir di bawah Rencana Komprehensif Bersama Aksi (Joint Comprehensive Plan of Action-JCPOA), yang disahkan dengan suara bulat oleh Dewan Keamanan PBB pada tahun 2015.

Kesepakatan antara lima anggota tetap Dewan keamanan PBB (China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat) ditambah negara Jerman, Uni Eropa (UE) dengan Iran, menetapkan mekanisme yang ketat untuk memantau batas-batas program nuklir Iran, sambil membuka cara untuk mencabut sanksi PBB terhadap negara tersebut.

IAEA mengatakan bahwa kegiatan verifikasi dan pemantauan IAEA dilakukan secara tidak memihak dan obyektif dan sesuai dengan modalitas yang ditetapkan oleh JCPOA dan praktik pengamanan standar.

Yukiya Amano mengulangi bahwa JCPOA mewakili kepentingan yang jelas dari sudut pandang verifikasi, dan menekankan pentingnya implementasi penuh oleh Iran mengenai komitmen terkait nuklir untuk melaksanakan JCPOA secara berkelanjutan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *