oleh

Kereta Api Bandara Diresmikan, Tarif Promo Rp 70 ribu Selama Dua Bulan ke Depan

PENANEGERI, Tangerang – Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (Soetta), mulai hari Selasa (2/1) resmi beroperasi setelah diresmikan oleh┬áPresiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Peresmian ini dilangsungkan di Stasiun Bandara, Terminal III, Selasa (2/1).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pagi ini saya resmikan pengoperasian kereta badara Soekarno-Hatta,” ucap Presiden Ir. H Jokowi, di Stasiun KA Bandara Soetta, Selasa (2/1).

Dengan mengenakan kaus oblong lengan panjang warna merah tua, Presiden Ir. H. Jokowi datang ke tempat acara sekitar pukul 08.52 WIB.

Hadir pula Menteri BUMN Rini Sormarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri PUPR Basuki Hadimudjono.

“Akhirnya bisa kita resmikan peresmian (kereta bandara). Ini adalah salah satu dari penyediaan moda transportasi di Jakarta untuk mengurangi kemacetan,” ujar Presiden Ir. H. Jokowi.

Usai meresmikan, Presiden Ir. H. Joko Widodo dan para menteri langsung mencoba KA Bandara.

Dengan diresmikannya KA Bandara Soetta maka diterapkan tarif promo sebesar Rp 70.000.

Pada pengoperasian pertama ini KA Bandara Soetta memiliki rute dari Stasiun BNI City Sudirman, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya.

Jadwal kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48 WIB.

Rentang waktu kedatangan kereta, yaitu setiap 30 menit sekali, sedangkan waktu tempuh diperkirakan 45 menit dari Sudirman Baru sampai Bandara Soetta.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta, operator yakni PT Railink mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Sistem transaksi tiket dilakukan secara nontunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking) dan mesin penjualan (vending machine).

Setelah diresmikan tarif KA bandara mulai hari ini (2/1) sudah menjadi Rp 70 ribu. Hanya saja, tarif tersebut ternyata masih dalam masa promo dan hanya berlaku untuk dua bulan ke depan.

Untuk tarif normal, setelah masa promo maka penjualan tiket KA bandara akan dikenakan harga sebesar Rp 100 ribu.

Adapun, Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – Bandara Soekarno Hatta.

Waktu tempuh untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan selama 54 menit. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *