oleh

Ketua DPRK Bireuen : Musrenbang di Jangka Tak Satupun Kadis Hadir

PENANEGERI, Bireuen – Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos sempat mempertanyakan ketidakhadirannya Kadis pada Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Jangka. Pasalnya tak satupun kepala dinas yang hadir, kecuali kepala Bappeda.

Sejatinya sebagian kepala dinas ikut hadir, sehingga apa yang diusulkan warga masyarakat di Kecamatan Jangka dapat tertampung, paling tidak terjawab sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Hal itu dikatakan Rusyidi Mukhtar saat kegiatan Musrenbang Kecamatan, di Gedung Serba Guna, Kantor Kecamatan Jangka, Bireuen, Kamis (20/2).

“Ini kan aneh, bila ada perwakilan masyarakat menanyakan usulan yang seharusnya dijawab oleh Dinas. Sementara kepala dinasnya tidak hadir satupun, dan seluruhnya ikut rombongan Plt Bupati Bireuen pada Musrenbang di Peusangan Selatan,” ungkapnya.

Yang herannya lagi, sambung Rusyidi Mukhtar, di Jangka merupakan pesisir dan kelautan, sementara Kadis Kelautan dan Perikanan ikut Musrenbang ke Peusangan Selatan yang merupakan kawasan perkebunan.

Rusyidi Muhktar yang akrab disapa Ceulangiek meminta, apabila ada Musrenbang di tiga kecamatan sekaligus dalam satu hari, maka kepala dinasnya harus ikut dibagi kehadirannya, atau diwakili oleh Sekretarisnya.

Baca Juga  Tahun 2019, APBK-P Bireuen Capai Rp 2 Trilyun Lebih

Dibagian lain, Ketua DPRK Bireuen itu juga mengharapkan usulan hasil Musrenbang di Jangka ini dapat terealisasi dari berbagai sumber anggaran, dan Bappeda bertanggung jawab atas usulan-usulan masyarakat.

Mulai dari pembangunan sejumlah ruas jalan, Poskesdes, pembangunan saluran dan turap, perluasan Puskesmas Jangka serta pembangunan sekolah SMK Perikanan dan lainnya agar bisa terealisasi di tahun 2021.

“Begitu juga dengan pembangunan lanjutan jalan menuju makam Habib Bugak juga harus dapat dilaksanakan tahun 2021, sebab selama ini banyak warga luar Aceh yang berkunjung dan melakukan ziarah, sementara jalannya rusak dan sangat memalukan,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Jangka, Alfian S.Sos ikut menyampaikan harapan dan keinginan masyarakat terkait pengaspalan Hotmix jalan kecamatan, meliputi Gampong Punjot, Ulee Ceue, Alue Kuta, Alue Bayee Utang hingga ke Kuala Cerape.

“Selanjutnya pembebasan lahan guna penambahan gedung pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Jangka, serta pengadaan pupuk serta obat-obatan pertanian yang bersubsidi, bagi petani di Jangka,” pintanya.

Komentar

Berita Terbaru