oleh

KIP Aceh Utara Mulai Data Orang Gila Jadi Pemilih

-Aceh-116 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara saat ini sedang melakukan pendataan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Saat ini kita sedang melakukan pendataan terhadap pemilih dari kalangan pengidap gangguan jiwa. Hal tersebut kita lakukan berdasarkan keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) terkait hak pilih bagi disabilitas grahita/mental,” kata Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar alias Aduen kepada Penanegeri.com, Selasa (27/11).

Zulfikar mengatakan, pendataan itu juga dilakukan sebagaimana berdasarkan adanya surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1401 Tahun 2018 yang dikeluarkan belum lama ini.

“Pendataan tersebut nantinya dilakukan dengan metode mengumpulkan data-data di panti sosial dan rumah-rumah dan kalau memang ada nantinya juga akan kita verifikasi. Kita harapkan agenda pendataan ini berjalan lancar,” kata Zulfikar.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan hanya berpedoman pada Undang-Undang Pemilu. Dia mengatakan bahwa warga yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah, bukan TNI dan Polri tak dicabut hak politiknya. Penyandang disabilitas juga memiliki hak suara. Gangguan jiwa termasuk dalam penyandang disabilitas.

Komentar

Berita Terbaru