oleh

KIP Aceh Utara Tunda Penetapan Caleg DPRK Terpilih

-Aceh-111 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara menggelar rapat pleno terbuka penetapan penghitungan perolehan kursi dan penetapan caleg DPRK terpilih Pemilu 2019, Rabu (3/7). Namun rapat penetapan itu ditunda dan akan dilanjutkan nantinya.

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar kepada wartawan di sela-sela acara itu mengatakan, penetapan tersebut ditunda lantaran pihaknya belum menerima surat keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang tidak adanya permohonan perselisihan hasil pemilu 2019 di level Aceh Utara.

“Menyangkut penetapan ini, kita harus mendapatkan surat keputusan dari KPU RI bahwa di Kabupaten Aceh Utara tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilu yang didaftarkan di MK (Mahkamah Konstitusi),” ujar Zulfikar.

Karena hal tersebut, lanjutnya, maka rapat pleno terbuka yang digelar hari ini hanya sebatas kegiatan seremonial saja dan nantinya akan dilanjutkan langsung dengan agenda penetapan.

“Kita masih menunggu, karena proses penetapan itu paling lama tiga hari setelah proses register. Kita registernya pada tanggal 1 Juli kemarin,” jelas Zulfikar.

Baca Juga  Syarat Usulan Naik Pangkat, 109 Personel Polres Bireuen Ikuti Ujian Beladiri

Pada kesempatan itu, ia juga mengklarifikasi terkait beredarnya nama-nama caleg DPRK Aceh Utara terpilih periode 2019 – 2024 di beberapa media sosial. Ia mengatakan, hal itu tidak dapat dibenarkan karena bukan pernyataan KIP Aceh Utara.

Agenda rapat pleno penetapan hasil Pemilu dan Caleg DPRK terpilih ini turut dihadiri Ketua Panwaslih kabupaten setempat Yusriadi SE dan komisionernya, Ketua DPRK Ismail A Jalil dan beberapa lainnya. Kegiatan itu mendapatkan pengamanan dari personel Polres Aceh Utara.

Komentar

Berita Terbaru