oleh

KIP Bireuen : Pencoblosan Bagi Lansia akan Menyita Waktu Lama

PENANEGERI, Bireuen – Pencoblosan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 bagi warga lanjut usia (lansia) diduga akan menyita waktu sangat lama.

Hal itu terlihat saat dilakukan simulasi pencoblosan oleh Komisi Independan Pemilihan (KIP), di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Kamis (11/4).

Amatan Penanegeri.com, warga yang datang dan mengunakan hak pilihnya dimulai dengan mengambil lima kertas surat suara, lalu melakukan pencoblosan dan selanjutnya memasukkan dalam kotak suara.

Kalau untuk kalangan pemilih usia 18 sampai 50 tahun, rata-rata terlihat empat menit lebih, sementara bagi warga lanjut usia bisa membutuhkan waktu hingga 9 menit.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP M.Si kepada Penanegeri.com mengatakan, dari sejumlah orang yang memilih yang dilakukan pada simulasi pencoblasan dari seputar Kota Juang hari ini memang membutuhkan waktu lama.

“Kalau kita lihat warga, terutama kalangan wanita dan pria usianya masih produktif bisa menghabiskan waktu tiga menit. Sedangkan warga yang lanjut usia (lansia) baik pria maupun wanita umumnya menghabiskan waktu delapan menit,” terangnya.

Baca Juga  Libur Lebaran 2019, BPJS Kesehatan Tetap Layani Peserta JKN-KIS 

Selama simulasi pencoblosan ini, kertas surat suara semuanya bergambar buhan-buahan, hal ini untuk melihat bagaimana waktu yang harus dilakukan selama proses pencoblosan.

“Sedangkan pada agenda simulasi ini seorang mulai dari mengambil kertas suara hingga berada bilik suara, memasukkan dalam kotak suara membutuhkan 5 sampai 6 menit untuk orang usia produktif, lalu bagi lansia itu mencapai 7 hingga 10 menit,” tandas Agusni.

Komentar

Berita Terbaru