oleh

Kodam Kasuari Sumbang 1 Unit Bangunan Ruang Kelas dan 2 Unit Jamban ke SD YPK

PENANEGERI, Manokwari – Sumbangan 1  (satu) unit bangunan ruang kelas untuk proses belajar-mengajar ini, bukanlah merupakan sesuatu yang istimewa.

Namun inilah yang bisa kita lakukan untuk turut membantu mengatasi kesulitan rakyat, khususnya dalam hal pendidikan.

Demikian diungkapkan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H. dalam acara penyerahan sumbangan Kodam XVIII/Kasuari berupa 1 unit bangunan ruang kelas dan 2 (dua) unit jamban untuk SD YPK Petrus Kafiar Amban, Senin (21/10/2019) di Kota Manokwari, Papua Barat.

Dengan adanya bangunan ruang kelas yang baru tersebut, diharapkan anak-anak tidak lagi kesulitan belajar di tempat yang sempit dan kalau siang tempatnya sangat panas, karena bangunannya pendek dan beratapkan seng.

“Mudah-mudahan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya anak-anak yang sedang bersekolah menimba ilmu. Karena kami yakin, dari mereka akan muncul generasi-generasi emas Papua, calon-calon pemimpin Papua di masa depan,” kata Aster Kasdam XVIII/Kasuari.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa), yang telah membantu dalam pengerjaan bangunan ruang kelas SD tersebut hingga tuntas dan selesai.

 

“Perjuangan kalian luar biasa, karena sudah melaksanakan tugas ini dengan baik. Semoga setiap tetes keringat yang dikeluarkan, akan tercatat menjadi suatu kebaikan dan berpahala di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Kolonel Susanto.

“Kepada adik-adik, saya minta belajar dengan baik. Capailah cita-cita setinggi apapun. Ingat, suatu saat kalian-kalian inilah yang akan mengganti kami. Mungkin ada yang menjadi TNI, Guru, pejabat Pemda, dan sebagainya, yang akan melanjutkan perjuangan membangun dan memajukan Papua, hingga tercipta kemakmuran dan kesejahteraan di sini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ema Mofu, Kepala Sekolah SD YPK Petrus Kafiar Amban mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, yang telah membantu membangunkan ruang kelas dan jamban.

“Terima kasih bapak Pangdam. Bantuan dari Kodam untuk siswa dan guru ini sangat berarti sekali, karena sangat membantu pihak sekolah dalam proses belajar-mengajar, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Di tempat yang sama, salah satu murid SD YPK Petrus Kafiar Amban, Samuel Wakel memberikan tanggapan senada, tentang kebahagiaannya mendapatkan bangunan tempat belajar dan jamban yang baru.

“Terimakasih kepada bapak tentara. _Dong_ yang bantu kami buat WC dan ruang kelas baru. Dengan ada bangunan ruang kelas dan WC yang baru ini, saya dan teman-teman lain senang sekali,” tutur Samuel Wakel. salah satu murid SD YPK Petrus Kafiar Amban.

Bantuan bangunan 1 unit ruang kelas dan 2 unit jamban ini merupakan salah satu kegiatan lanjutan dari Karya Bakti (Karbak) dan Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka HUT ke-74 TNI Tahun 2019, sekaligus sebagai bagian dari wujud Pembinaan Teritorial (Binter) yang diselenggarakan oleh Kodam XVIII/Kasuari.

Bangunan ruang kelas seluas 8,5 m x 8,5 m dan bisa menampung sebanyak 40 siswa. Adapun bangunan jamban seluas 2,5 m x 2,5 m. Semua itu tuntas dikerjakan selama 25 hari (26 September – 20 Oktober 2019) secara bergotong-royong oleh 5 orang prajurit dari Kodim 1801/Manokwari, 5 prajurit Yonif 761/KA, dan 10 orang warga kampung setempat.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud dari kepedulian TNI dalam menciptakan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, guna mendukung tugas-tugas Kodam XVIII/Kasuari, dengan tidak mengurangi tugas dan kesiapsiagaan satuan,” ujar Aster Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru