oleh

Kodim Bireuen Mulai Kerjakan Jalan Salah Sirong dan Pante Peusangan

PENANEGERI, Bireuen – Jajaran Kodim 0111/Bireuen mulai mengerjakan ruas jalan baru dari Desa Sarah Sirong, Kecamatan Jeumpa tembus ke Pante Peusangan, Kecamatan Juli sepanjang 14,6 kilometer melalui program Karya Bakti TNI.

Komandan Kodim 0111/Bireuen, Letkol Amrul Huda SE MM MSc kepada wartawan, Jumat (12/4) mengatakan, selama ini ruas jalan tersebut masih ditumbuhi semak belukar, dan hanya bisa dilintasi sepeda motor.

“Pengerjaan akan dilakukan pada titik nol hingga sekitar 12 kilometer, lalu ruasnya masuk ke arah kanan jalan dari Bireuen-Takengon sekitar 14 kilometer lebih hingga ke Pante Peusangan, disamping memperlebar jalan, nantinya juga dinormalisasi alur sungai,” katanya.

Selama pembukaan jalan baru ini juga harus diratakan perbukitan. Ruas jalan ini juga bisa dimanfaatkan untuk jalan usaha tani, sehingga nantinya memudahkan masyarakat mengangkut hasil bumi.

“Kelebaran ruas jalan ini bisa mencapai 12 meter dengan panjangnya mencapai 14 kilometer lebih dengan target rampung sekitar tiga bulan ke depan,” terangnya.

Belakangan, tambah Amrul Huda, selama ruas jalan tersebut hanya memiliki akses satu jalan, tapi kebanyakan rusak dan tak bisa dilintasi dengan baik.

Baca Juga  Penumpang Penerbangan Domestik di Bandara internasional SIM Menurun Sejak Januari

“Selama kegiatan ini, program Karya Bakti TNI nantinya juga akan mencetak sawah baru seluas 40 hektar di kawasan Pante Peusangan, disamping membangun balai pengajian Darul Ikhsan di Sarah Sirong, Jeumpa,” sebutnya.

Pembangunan jalan baru dari Sarah Sirong Jeumpa dan tumbus ke Pante Peusangan, Juli, Bireuen dilakukan dengan anggaran APBK Bireuen 2019 sebesar Rp 1,4 miliar. Sementara untuk mencetak sawah baru bersumber APBA.

Komentar

Berita Terbaru