oleh

Kominfo Bireuen Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik Informatif

PENANEGERI, Bireuen – Dinas Komunikasi Informartika dan Persandian Kabupaten Bireuen menerima penghargaan keterbukaan informasi publik terbaik, tahun 2019 kategori menuju informatif.

Penyerahan anugerah keterbukaan informasi publik tersebut diserahkan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah (Setda) Aceh, Rabu (4/12) kemarin.

Dalam ketentuan, penerimaan anugerah pelayanan keterbukaan informasi publik itu, Kabupaten Bireuen dinyatakan sebagai peringkat I se-Aceh dengan kualifikasi menuju informatif oleh Komisi Informasi Aceh (KIA).

Ketua Komisi Informasi Aceh, Drs Yusran M.Si dalam arahannya mengatakan, evaluasi badan publik dan penyerahan anugerah keterbukaan informasi publik yang kami lakukan ini, salah satu upaya mendukung pemerintah Aceh, melalui berbegai agenda untuk mengujudkan misi pertama pemerintah Aceh.

Kata Yusran, selain reformasi birokrasi untuk tercapainya pemerintah yang bersih, berwibawa guna mendukung pelayanan publik yang mudah, cepat berkualitas dan berkeadilan.

“Pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Aceh masih perlu dukungan semua pihak, mengingat masih banyaknya permohonan penyelesaian sengketa informasi publik kepada Komisi Informasi Aceh (KIA) saat ini,” katanya.

Baca Juga  Napi Teroris Kabur dari Lapas Lhokseumawe

Sementara tahapan penilaian badan publik ini telah dilaksanakan sejak Agustus hingga November 2019  dengan melibatkan 159 badan publik yang tersebar, di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Penilaian tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan Komisi Informasi Pusat  tentang metode dan teknik evaluasi keterbukaan informasi publik, dengan lima kualifikasi yakni informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif dan tidak informatif.

Sementara itu, Kadis Kominfo Bireuen, M Zubair SH, MH melalui Sekretarsinya, Mulyadi M.Pd mengatakan, keberhasilan yang dicapai ini tentu dengan adanya kerjasama seluruh SKPK Bireuen serta dukungan semua pihak di kecamatan.

“Ini merupakan sebuah keberhasil yang dapat digapai bersama, dengan harapan kedepan akan terus berupaya, sehingga keterbukaan informasi publik di Bireuen terus terlaksananya stadar layanan informasi publik yang lebih baik,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru