oleh

KONI Bireuen Siap Dievaluasi dan Pertanggungjawabkan Hasil PORA di Aceh Besar

PENANEGERI, Bireuen – Ketua Umum didampingi Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bireuen meminta maaf atas tidak tercapainya target pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-13, di Jantho, Aceh Besar.

Selain itu, pengurus KONI juga meminta maaf kepada masyarakat Bireuen akibat belum mampu memperbaiki peringkat di ajang tersebut dan hanya mampu meraih 2 emas, 13 perak dan 14 perunggu.

Bireuen mengikuti 18 cabang olahraga yang lolos PORA dan memboyong 158 atlet yang didominasi cabang beregu dan perseorangan.

“Belum tercapainya target ini, kami minta maaf dan siap melakukan evaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil PORA tersebut,” kata Ketua Harian KONI Bireuen, Drs Murdani kepada Penanegeri.com, Senin (26/11).

Di samping itu, pengurus KONI juga siap mempertanggungjawabkan pengelolaan dana dan menyampaikan kepada seluruh Pengurus Cabang (Pengcab) dalam waktu dekat ini.

Menurut Murdani, jajaran KONI Bireuen yang telah dibebani tanggungjawab selaku pendamping kontingen PORA tetap meminta maaf kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen, orang tua atlet, Pengcab dan kepada seluruh masyarakat Bireuen, karena belum berhasil meraih hasil yang terbaik. 

Selama di lokasi pertandingan, banyak faktor yang menyebabkan atlet Bireuen gagal masuk di final dan semifinal maupun finish di urutan dua dan ketiga.

“Faktornya atlet daerah lain lebih baik, bahkan ada atlet PON didatangkan untuk meraih emas. Bahkan difinal ada yang berjumpa dengan senior dan simpainya sendiri,” katanya.

Disamping itu, kondisi lapangan/jalur yang tidak stabil karena seringnya hujan, terjadi penundaan dan pindah lapangan yang ikut mempengaruhi jalannya pertandingan.

“Begitu juga fair play kini tergadaikan, wasit terkesan memihak dan Pengprov diduga ikut bermain, agar daerahnya juara. Semua itu sudah kenetntuan Allah SWT, sedangkan anak-anak kita telah berjuang diarena pertandingan,” ujarnya.

Disisi lain, Murdani yang mewakili seluruh kontingen mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bireuen, DPRK, Disdikpora, atas perhatian kepada olahraga. Terbukti banyak masukan yang diterima pihaknya selama kepengurusan KONI Periode 2018-2022 yang baru berusia 4 bulan.

Jajaran pengurus  juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Bireuen, H Mukhlis A.Md atas peran dan usaha memajukan olahraga Bireuen. Terbukti saat dana hibah belum dicairkan, Ketua Umum meminjamkan uang pribadinya, guna membantu sarana, prasarana latihan Pelatda sampai keberangkatan.

Murdani juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengcab dan jajaran yang terus peduli kepada atlet dan mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran serta  uang untuk kemajuan Olahraga Bireuen.

“Kita juga tidak mempungkiri dileburnya Dispora, salah satu alasan untuk menghemat anggaran daerah, juga menjadi faktor utama pembinan olahraga di Bireuen selama ini tidak berjalan maksimal,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru