oleh

Kontak Tembak di Distrik Sugapa Intan Jaya, KKSB serang Aparat Keamanan namun berhasil dilumpuhkan

PENANEGERI, Intan Jaya – Kontak tembak terjadi setelah KKSB menyerang apkam di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Minggu (26/1).

Setidaknya, dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB/KKSB) dilaporkan tewas dalam kontak tembak dengan aparat keamanan TNI-Polri di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Minggu (26/1/2020).

“Memang benar ada laporan tentang terjadinya kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya, Minggu hingga menewaskan dua anggota KKB,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dikutip dari Antara, Minggu malam.

Dalam kontak tembak ini dua orang kelompok kriminal bersenjata (KKB/KKSB) dilaporkan tewas.

Waterpauw mengungkapkan, meski terjadi kontak tembak, situasi di Intan Jaya relatif kondusif. Dia mengimbau semua anggotanya untuk tetap waspada,

“Anggota diminta untuk selalu waspada,” kata Waterpauw.

Sementara itu dari informasi yang dihimpun kontributor redaksi PenaNegeri di lapangan, pada hari Minggu 26 Januari 2020 pukul 12.08 WIT, di wilayah Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, telah terjadi serangan KKSB terhadap aparat keamanan di kampung Japaro dan kampung Wandoga Distrik Sugapa kabupaten Intan Jaya.

Kontak tembak ini pada Minggu (26/1) diawali pada pukul 12.18 WIT, terjadi tembakan beruntun rentetan dari ketinggian kampung Wandoga ke arah pos Ramil 1705-11/Sugapa dengan jarak kurang lebih 300 meter.

Karena diserang, maka pada pukul 12.19 WIT, seluruh anggota satgas aparat keamanan dan para anggota Posramil 1705-11/Sugapa berlindung di pos dan  membalas tembakan guna melindungi diri.

Akibatnya, diketahui anggota KKSB yang melakukan serangan justru tewas terkena tembakan.

Jenazah dari kelompok KKSB kemudian dievakuasi dari Kampung Wandoga ke puskesmas Bilogai.

Untuk berjaga-jaga dari serangan susulan KKSB maka aparat keamanan bersiaga disekitaran Kampung Japaro.

Sedangkan untuk masyarakat Kampung Wandoga sebagian mengamankan diri ke Gudang Beras di depan Lapangan Yokatapa dan sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing di Kampung Wandoga.

Karena adanya serangan KKSB ini apkam  TNI-POLRI yang ada di kabupaten Intan Jaya masih  senantiasa siaga berjaga-jaga mengantisipasi serangan susulan dari gerombolan KKSB di wilayah Intan Jaya. (Reportase : Wawan kontributor PenaNegeri di Papua)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *