oleh

Kota Langsa Masuk Nominasi 3 Besar Anugerah AMI ke V Tahun 2019

-Aceh-190 views

PENANEGERI, Langsa – Kota Langsa merupakan salah satu daerah di Aceh yang masuk nominasi 3 besar Anugerah Prof A Madjid Ibrahim (AMI) ke V tahun 2019.

Selain Kota Langsa, ada 2 kota lainnya yang juga masuk nominasi tersebut yakni Banda Aceh dan Sabang.

“Dari ketiga kota itu, nantinya akan dipilih juara I tingkat Provinsi Aceh untuk selanjutnya mengikuti Anugerah Pangripta ke tingkat nasional,” sebut salah seorang tim penilai yang juga sebagai Kepala Bidang Penelitian, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Aceh, Ir Alamsyah, MM, pada acara verifikasi lapangan Anugerah Prof A Madjid Ibrahim V dan RKPD Tahun 2019, Selasa (19/2), di Aula Bappeda Kota Langsa.

Dijelaskannya, tujuan pemberian AMI ke V tahun 2019 kepada pemerintah kabupaten/kota untuk mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

Lanjutnya, untuk kategori provinsi, pemerintah akan mengambil tiga provinsi terbaik. Bagi provinsi terbaik pertama akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp 25 miliar, terbaik kedua sebesar Rp 20 miliar dan terbaik ketiga sebesar Rp 15 miliar.

Baca Juga  Ini 10 Pejabat Aceh Utara yang Dimutasi

Sementara kategori kota, pemerintah akan mengambil lima kota terbaik. Untuk kota terbaik pertama hingga kelima, masing-masing akan mendapatkan tambahan insentif, pertama sebesar Rp 25 miliar, kedua sebesar Rp 20 miliar, ketiga sebesar Rp 15 miliar, keempat sebesar Rp 10 miliar dan kelima sebesar Rp 5 miliar.

Sedangkan, kategori kabupaten lantaran jumlahnya lebih banyak, pemerintah akan mengambil 10 daerah terbaik.”Untuk juara I, II dan III, nilanya sama seperti provinsi dan kota terbaik dan juara 5 sampai dengan 10, masing-masing sebesar Rp 5 miliar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Langsa, Muhammad Darpian, menyampaikan, pemimpin Kota Langsa saat ini memiliki tekad yang kuuat untuk menjdikan daerah ini menjadi ramai dan maju. Saat ini, Langsa sudah memiliki tiga destinasi wisata utama yakni hutan manggrove, hutan kota dan museum.

Sambungnya, kebijakan Pemerintah Kota Langsa dalam pengembangan kepariwisataan sudah terbukti, ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisata ketiga destinasi itu mencapai lebih kurang 500 ribu pengunjung dalam satu tahun.

Baca Juga  Bupati Aceh Utara Ajak Masyarakat Tolak Gerakan People Power

“Kedepan kita akan terus mengembangkan destinasi wisata untuk meningkatkan PAD dan saya berharap mudah-mudahan Kota Langsa bisa meraih juara I Anugerah Prof A Madjid Ibrahim ke V dan terimakasih kepada tim penilai yang telah mengunjungi Kota Langsa,” pungkas Muhammad Darpian.

Tim penilai AMI ke V itu terdiri dari Weri, SE, MA dari Unsyiah Banda Aceh dan dari Bappeda Aceh yakni Ir Alamsyah, MM serta Dr Ir Indra, MP.

Komentar

Berita Terbaru