oleh

KPA Kembali Minta Pemerintah Indonesia Selesaikan Janji MoU Helsinki

-Aceh-150 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Komite Peralihan Aceh (KPA) yang ke sekian kalinya kembali meminta pemerintah Indonesia untuk serius menyelesaikan poin-poin yang tertuang dalam MoU Helsinki perdamaian RI – GAM tahun 2005 silam.

“Peringatan milad MoU Helsinki ke 14 ini bukan acara seremonial semata. Kami harapkan pihak terkait untuk serius menyelesaikan butir-butir MoU itu,” kata Biro penerangan KPA Sagoe Malikussaleh Daerah II Teungku Chiek di Cot Plieng, Tgk Abdul Hadi, Kamis (15/8).

Hal tersebut disampaikan Tgk Abdul Hadi usai acara memperingati ulang tahun MoU Helsinki yang digelar di komplek makam Malikussaleh, Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan itu digelar secara sederhana dan dipadu dengan doa dan zikir bersama oleh KPA, eks GAM dan para masyarakat.

“Perjanjian antara Pemerintah RI dengan GAM pada tahun 2005 lalu, hingga kini belum direalisasikan, sementara kita sangat mengharapkannya. Ini bukan janji biasa, tetapi janji yang luar biasa di tingkat internasional,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat berharap kepada pimpinan atau pentinggi KPA dan Partai Aceh (PA) agar mendesak pemerintah untuk mengimplementasikan semua butir MoU Helsinki tersebut.

Baca Juga  Resahkan Warga dan Aniaya Orang Tuanya, Tarmizi Diamankan Polisi

Pantauan wartawan, kegiatan peringati ulang tahun MoU Helsinki itu berlangsung sederhana. Zikir dan doa bersama dipimpin oleh Tgk Abdullah selaku tokoh pemuka agama di Gampong Ujoeng Reuba, Panglima Muda Daerah II Teungku Chiek di Cot Plieng Mahmudsyah atau yang akrab disapa Ayah Mud dan sejumlah petinggi KPA lainnya.

Komentar

Berita Terbaru