oleh

KPK Berharap Film Antikorupsi Ditonton Menteri dan DPR

PENANEGERI, Jakarta – Wakil Ketua KPK Saut Situmorang hari ini ikut menonton festival film antikorupsi yang merupakan rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019. Saut berharap film-film tersebut juga ditonton para menteri dan anggota DPR.

“Apa yang disajikan dalam film mengingatkan kita, malah saya tadi berpikir menteri-menteri, DPR hadir di tengah-tengah kita karena banyak yang ditonjok dari film tadi,” kata Saut di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Salah satu film yang ditayangkan dalam festival itu berjudul ‘HP Dinas’. Film tersebut mengangkat ide penyalahgunaan fasilitas.

Dalam film tersebut diceritakan seorang remaja yang menggunakan handphone milik RW untuk kepentingan pribadinya. Remaja tersebut akhirnya minta maaf dan membacakan pernyataan lewat pengeras suara di masjid.

“Kenapa audio visual sangat berpengaruh, kalau kamu nonton beberapa di antaranya dibuat supaya dia enak ditonton. Tapi kan film tadi sebenarnya dibuat dari kehidupan sehari-hari,” ujar Saut.

“Dari yang sangat sederhana dari lingkungan sekolah, lingkungan rumah tangga, bahkan ada yang ke kebijakan pemerintah,” imbuhnya.

Saut berharap film antikorupsi seperti itu bisa terus dikembangkan dengan durasi yang lebih panjang. Film-film tersebut diharapkan juga bisa menembus skala internasional.

“Jadi audio visual tentu kita harapkan lebih menyentuh, bahkan di bilang ini sekaligus entertaining dengan film 15 menit. Oleh sebab itu tadi kita berpikir ini kita harus lanjutkan dengan skala lebih besar yaitu 30 menit, festival film international antikorupsi,” pungkasnya. (*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru