oleh

KPK Lakukan OTT terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

PENANEGERI, Sidoarjo – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Bupati Sidoardjo, Saiful Ilah, di Pendopo Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa malam, 7 Januari 2020.

OTT ini diduga terkait penyimpangan pengadaan barang dan jasa di kabupaten Sidoarjo.

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan OTT Saiful berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkab Sidoarjo. Penjelasan soal proyeknya akan disampaikan dalam konferensi pers hari ini.

OTT terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah ini digelar di Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa (7/1/2020). Selain Bupati Saiful, KPK juga mengamankan sejumlah pihak lain yang terkait kasus ini.

OTT terhadap Bupati Saiful ini adalah yang pertama setelah Firli Bahuri dilantik menjadi Ketua KPK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019 lalu.

Selain itu, tangkap tangan ini juga yang pertama setelah diberlakukannya UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi per 17 Oktober 2019.

Pada awal tahun 2020 ini KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri langsung menggebrak. Gebrakan KPK ditandai dengan gelaran operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah akhirnya dibawa ke Jakarta, Rabu (8/1/2020). Saiful ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan dugaan kasus korupsi. (*/red/dtc)

Video youtube :

Komentar

Berita Terbaru