oleh

KPK Tiba di Aceh Utara untuk Kawal Uang Daerah

-Aceh-288 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Kabupaten Aceh Utara, Minggu (18/11). Kedatangan lembaga anti rasuah ini bertujuan untuk mengawal anggaran daerah kabupaten.

Dalam kesempatan itu, KPK mengadakan kegiatan ‘Road Show Anti Korupsi Mengawal Anggaran Daerah’ di aula Setdakab Aceh Utara yang dihadiri seluruh kepala SKPK, camat dan sejumlah pejabat lainnya.

Tim KPK yang datang ke kabupaten tersebut terdiri dari Fungsionalis Pembinaan Jaringan Kerjasama Antara Komisi dan Instansi KPK RI Nanang Farid Syam bersama aktivis Gerakan Anti Korupsi (GerAK) Aceh Mahmuddin. Dalam agenda ini, mereka memaparkan tentang tujuan diadakan road show sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi.

Nanang dalam kesempatan itu mengungkapkan, perilaku korupsi sebenarnya terjadi akibat sikap tamak yang indikasinya adalah untuk memperkaya diri dan orang lain sehingga mengakibatkan kerugian negara. Dia menyayangkan banyak pejabat daerah maupun legislatif yang tersandung kasus korupsi.

“Korupsi umumnya terjadi saat perencanaan pembangunan dan dalam penganggaran pembangunan. Maka oleh sebab itu, ke depan pemerintah akan mengubah pola perencanaan dan penganggaran melalui sistem elektronik, yaitu e-planning dan e-budgetting. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi peluang untuk korupsi,” ujar Nanang.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf yang akrab disapa Sidom Peng menyambut baik kedatangan KPK. Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan SKPK agar tidak perlu menakuti kehadiran KPK. Justru kedatangan KPK harus meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan langkah-langkah agar jangan sampai terjadi pelanggaran dalam hal pengadaan barang dan jasa.

“Kita kerja punya payung hukum. Konsultasikan ke APIP, BPKP dan TP4D maupun Inspektorat kalau tidak paham. Jangan sampai bertindak ceroboh. Mudah-mudahan kehadiran Tim KPK ini dapat meningkatkan hubungan kita ke depan khususnya dalam memperbaiki cara pengelolaan anggaran daerah,” tandas Sidom Peng.

Komentar

Berita Terbaru