oleh

Krueng Thoe, Pulau Tanpa Penduduk yang Layak Dijadikan Objek Wisata

-Aceh-64 views

PENANEGERI, Aceh Timur – Banyak yang menyebut Kuala Krueng Thoe layak dijadikan objek wisata pantai. Pulau kecil ini secara topografinya berada di wilayah Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Tidak ada penduduk tetap di pulau tersebut, hanya beberapa petani yang memanfaatkan lahan itu sebagai tempat bercocok tanam.

Ada sejumlah petani yang berasal dari kecamatan setempat menanam tanaman semangka dan cabai. Tempat ini diburu petani karena hasil panennya memuaskan. Selain tanah yang subur, Kuala Krueng Thoe juga dikenal sebagai salah satu lahan jarang terkena penyakit pada tanaman.

“Alhamdulillah lahan ini aman dari penyakit tanaman. Banyak petani yang datang ke sini untuk menanam semangka, hasil memuaskan. Begitu juga tanaman cabai dan lain-lain,” kata seorang petani di Kuala Krueng Thoe, Masri kepada wartawan, Selasa (9/10) kemarin.

Krueng Throe
(Penanegeri/Jamal) : Tim Traveller Komunitas Kawepost sedang berpose bersama usai menelusuri keindahan alam Kuala Krueng Thoe, Selasa (9/10).

Jarak tempuh dari pemukiman penduduk ke Kuala Krueng Thoe sangat jauh. Petani yang ingin bercocok tanam ke lokasi ini harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Hal itulah yang membuat petani kewalahan mencapai tempat ini.

“Seandainya dekat dan mudah diakses, Krueng Thoe ini akan ramai dihuni masyarakat dan dijadikan sebagai lahan bercocok tanam. Di samping itu, Krueng Thoe juga cocok dijadikan objek wisata karena lokasinya sudah sangat mendukung,” terangnya.

Sementara itu, Komunitas Kawepost juga menyampaikan hal yang sama. Komunitas yang bergerak di bidang pecinta alam ini menyebut Krueng Thoe layak dijadikan objek wisata pantai karena potensinya sebagai objek wisata sudah sangat mendukung.

“Tetapi itulah kendalanya karena jarak tempuh dari pemukiman warga. Warga yang ingin ke sini harus menaiki perahu mesin ataupun bot dengan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kawepost meyakini ini bukan akses yang mudah bagi masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komunitas Kawepost, Rais Azhari.

Menurut Rais, Pulau Krueng Thoe jika dijadikan objek wisata akan ramai dikunjungi wisatawan. Lokasi ini menyimpan banyak keindahan alam yang terlihat masih sangat asri dan dikelilingi pohon-pohon Cemara dan pohon kelapa.

Komentar

Berita Terbaru