oleh

Kuasa Hukum Terdakwa Minta Hadirkan Ma’ruf Amin

PENANEGERI, Lhokseumawe – Dalam persidangan kedua yang dijalani Safwan, terdakwa penyebaran video Ma’ruf Amin yang menggunakan pakaian Santa Claus (Sinterklas), Kuasa hukum terdakwa meminta majelis makim untuk menghadirkan Ma’ruf Amin ke ruangan sidang perkara tersebut sebagai saksi korban.

“Agenda hari ini adalah nota eksepsi (keberatan) dari penasehat hukum dari dakwaan penuntut umum, hal yang sangat penting yang kami ingin sampaikan bahwa, kami menyanggah kewenangan dari pengadilan kukum Lhokseumawe,” ujar kuasa hukum Safwan, Kasibun Daulay.

Menurutnya, Pengadialan Negeri Lhokseumawe tidak berwenang untuk memeriksa perkara ini. Karena lokus delictinya itu berada di wilayah hukum PN Lhoksukon, dan itu sudah dicek sebagian besar saksi berada diluar PN Lhokseumawe.

“Dan ini menyangkut deliknya, setelah kita pelajari bahwa, ini seharusnya diajukan sebagai delik aduan, artinya percemaran nama baik yang di lakukan itu, terhadap pribadi Ma’ruf Amin, tetapi faktanya, jangankan diperiksa sebagai saksi, melapor saja tidak pernah,” tegasnya.

Selanjutnya, Kasibun Daulay menilai, bahwa jika dilihat kasus ini sangat dipaksakan, digunakanlah pasal-pasal aternatif yang jumlahnya itu ada tiga, dan ancaman hukumnya sangat mengerikan. Menurutnya, dari awal pintu masuknya sudah salah.

Baca Juga  Di Aceh Utara, Saksi Parpol Rela Pulang Malam

Kemudian, sambung Kasibun Daulay, mengenai dakwaan yang disusun oleh jaksa penuntut umum, kita melihat dari dakwaan penuntut umum aternatif, ini menunjukan keragu-raguan dari jaksa penuntut umum. Dia ragu dan bingung, maka dari itu, kita membantah kepada penuntut umum sebagai dakwaan yang kabur,” imbuh Kasibun Daulay didampingi kuasa hukum lainya yakni dan Nourman Hidayat.

Selain itu kuasa hukum Safwan, mengajukan kepada majelis hakim untuk mengalihkan penahanan, karena terdakwa, sudah lama berada didalam tahanan, selama 90 hari, sebaiknya ia ditangguhkan penahanan.

“Kalau nanti majelis hakim terus melanjutkan bahwa perkara ini terus diperiksa, maka kami memohon, agar Ma’ruf Amin juga dihadirkan dipersidangan untuk dijadikan sebagai saksi korban.

Komentar

Berita Terbaru