oleh

Kunjungi IAIN Langsa, Rektor IAHN Palangkaraya: Kita Semua Bersaudara

-Aceh-38 views

PENANEGERI, Langsa – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Dr H Basri, MA, menerima kunjungan dari kampus Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/9), di ruang rapat Rektor kampus setempat.

Rombongan IAHN Palangkaraya ini berjumlah empat orang yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor II, Kepala Biro dan Bagian Perencanaan.

Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri, MA merasa gembira dengan kunjungan dari kampus IAHN Palangkaraya dalam rangka studi banding di kampusnya.

Menurut Basri, sebagai lembaga pendidikan yang memiliki visi menjadi pusat kajian ke-islaman yang berkarakter Lil Alamin, pihaknya membuka lebar bagi siapa saja yang ingin malakukan silaturahmi.

“Selama ini kami menyambung silaturahmi dengan internal kami, namun hari ini dapat bersilaturahmi dengan eksternal, ini juga sejalan dengan visi lembaga kami menjadi pusat kajian ke-islaman yang berkarakter lil alamin, artinya kami terbuka sekali dengan berbagai daerah dengan berbagai suku, agama dan berbagai bangsa demi menata masa depan yang lebih baik lag,” ucap Basri.

Baca Juga  Tertabrak Sepmor, Tengku Imum Teupin Bate Meninggal Dunia

Kepada rombongan, dirinya menceritakan secara umum historis dan profil kampus Institut Agama Islam Negeri Langsa sejak masa pendirian yang berstatus swasta, menjadi kampus negeri dan peningkatan status dari STAIN menjadi IAIN.

Basri juga memperkenalkan dengan singkat kultur masyarakat Kota Langsa yang cukup dinamis dan humanis.

Ia berharap, melalui pertemuan tersebut tentu banyak informasi yang didapat, menambah pengalaman, menambah persaudaraan tidak hanya diinternal tapi juga di eksternal, baik eksternal agama maupun eksternal daerah.

“Semoga ada nilai baik dalam rangka peningkatan kualitas lembaga ini,” harap Basri.

Sementara itu, Rektor IAHN Tampung Penyang Palangkaraya, Prof Drs I Ketut Subagiasta, M.Si, D.Phil menyebutkan, kehadiran pihaknya di IAIN Langsa tentunya ingin melihat secara langsung proses pelayanan akademik, proses belajar mengajar dan layanan-layanan lainnya.

“Kehadiran kami nantinya banyak menimba dan bertanya, wajar juga adik yang paling kecil bertanya kepada seniornya, intinya adalah menjalin silaturahmi, kebersamaan, kekeluargaan, bahwa kita ini adalah bersaudara sebangsa dan setanah air,” jelasnya.

I Ketut juga mamaparkan sekilas tentang sejarah dan profil kampus yang dipimpinnya, dirinya berharap agar sivitas akademika IAIN Langsa dapat memberikan saran dan masukan untuk peningkatan kualitas lembaga pendidikan.

Baca Juga  Ojek Online ‘Jak Intat’ Siap Antar Jemput di Bireuen

“Kami mohon dengan ketulusan hati hal-hal yang mungkin nanti kita minta info, tunjuk sarannya, mudah-mudahan bisa kami bawa pulang ke Palangkaraya sebagai oleh-oleh kami,” demikian imbuhnya.

Pada kesempatan itu, kedua lembaga perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan perjanjian kerjasama bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang meliputi peningkatan kualitas Dosen Institut Agama Islam Negeri Langsa dalam hal penelitian secara bersama-sama Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya.

Selain itu, tukar menukar Dosen Institut Agama Islam Negeri Langsa dan Dosen Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya dalam mata kuliah tertentu, tukar menukar jurnal hasil terbitan Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya.

Tukar menukar artikel hasil pemikiran atau hasil penelitian dosen Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan Dosen Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya untuk dimuat di jurnal yang diterbitkan Institut Agama Islam Negeri Langsa dan jurnal yang diterbitkan oleh Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya.

Komentar

Berita Terbaru