oleh

Langgar Kode Etik, DKPP Berhentikan Ketua Panwaslihcam Langsa Kota

-Aceh, Politik-101 views

PENANEGERI, Langsa – Terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, dengan resmi memberhentikan Ketua Panwaslih Kecamatan Langsa Kota atas nama Nevin Ziaulhaq dari keanggotaan sebagai Panwaslih Kecamatan.

Ketua Panwaslih Kota Langsa Muhammad Khairi, M.Pem.I, Kamis (11/4) membenarkan perihal tersebut. Dikatakannya, bahwa pemberhentian atau pemecatan Ketua Panwaslih Kecamatan Langsa Kota dari keanggotaanya ini telah ditetapkan dalam putusan DKPP Nomor 43-PKE-DKPP/III/2019.

“Putusan ini telah dibacakan dan ditetapkan oleh DKPP pada Rabu, 10 April 2019 lalu di Jakarta, dan salinannya telah kita terima. Berdasarkan putusan ini, DKPP memberikan waktu kepada Panwaslih Kota Langsa untuk menjalankan putusan ini paling lama 7 hari setelah dibacakan,” sebut Khairi.

Lanjutnya, putusan DKPP terkait pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu terhadap Ketua Panwaslih Kecamatan Langsa Kota ini dilakukan atas dasar laporan dan aduan yang disampaikan oleh Panwaslih Kota Langsa sebelumnya.

Adapun dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu yang dilakukan oleh yang bersangkutan, karena tidak menghadiri undangan agenda kerja internal Panwaslihcam tanpa pemberitahuan resmi.

Baca Juga  Tersangka Penipu Warga Bireuen Ratusan Juta Diciduk di Subulussalam

“Beberapa kali Panwaslih Kota Langsa mengundang yang bersangkutan sebagai anggota dan Ketua Panwaslih Kecamatan Langsa Kota dalam agenda rapat internal. Tapi yang bersangkutan selalu mangkir tanpa pemberitahuan resmi. Selain itu yang bersangkutan juga tidak menjaga nama baik lembaga pengawas Pemilu dengan melakukan kritik berisi provokatif terhadap, Timsel, Panwaslih Aceh dan Bawaslu RI di media sosial,” jelas Khairi.

Sambung Khairi, atas sikap dan perilaku tersebut, Panwaslih Kota Langsa akhirnya melakukan pengaduan dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu oleh Ketua Panwaslih Kecamatan Langsa Kota ke DKPP yang akhirnya memutuskan pemberhentian tetap terhadap yang bersangkutan (teradu_red).

Komentar

Berita Terbaru