oleh

Letusan Senjata dan Perusuh Diamankan Ditengah Kota Bireuen

-Aceh-6.865 views

PENANEGERI, Bireuen – Personel Polres Bireuen berhasil melumpuhkan dan mengamankan sejumlah perusuh ditengah-tengah pusat Kota Bireuen, Jumat (22/3).

Kronologis itu terjadi saat dilakukan simulasi dan apel gelar pasukan operasi Mantap Brata Rencong, pengamanan menghadapi pemilu tahun 2019, di halaman Pendopo Bupati Bireuen.

Dalam kegiatan itu, sejumlah perusuh ditangkap dan digiring oleh pasukan keamanan Polres Bireuen, setelah sejumlah personil yang diturunkan ke lokasi memuntahkan peluru hampa sebagai peringatan menghentikan kebrutalan para perusuh di tempat pemungutan suara.

Adegan yang disaksikan masyarakat, pihak anggota polres sebelumnya melakukan kegiatan proses pengumutan dan perhitungan suara, sejumlah caleg partai lain yang hadir di lokasi TPS memprotes salah satu pemilih kerena telah mengambil uang pada seorang caleg.

Bahkan saat kotak suara diangkut oleh petugas dan penjaga TPS, segerombolan massa menghadang dijalan, namun dengan sigap, personel yang ditugaskan untuk pengamankan kotak suara menghadang para perusuh tersebut.

Dengan suasana yang mencekam, para perusuh mencoba melempar para petugas dengan serta menendang blokade para petugas ring depan, bersamaan dengan datangnya para mobil khusus yang menyemprot air ke arah para perusuh itu.

Baca Juga  Tahun 2018, Kasus Kriminal yang Ditangani Polres Bireuen Meningkat

Dalam kondisi yang semakin memanas, atas laporan pihak Polsek, Polres Bireuen memerintahkan personel khusus pengaman pemilu guna mengendalikan massa yang terus anarkis.

Massa yang datang ke lokasi itu semakin memperlihatkan prilaku yang anarkis, bahkan tak terkendali hingga berujung dengan bentrokan fisik, bahkan disaat berlangsungnya unjuk rasa.

Akibat tak terkendalikan, sejumlah personel Jatanras Polres Bireuen terpaksa melumpuhkan sejumlah perusuh dengan peluru hampa.

Sementara dua perusuh yang mencoba melawan personel dengan mengunakan senjata tajam terpaksa dilumpuhkan dan menembak di bagian kakinya dengan peluru karet dan mereka langsung diamankan.

Kapolres Bireuen, Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, M.Si usai kegiatan itu mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk menguji kesiapan para personil Polres Bireuen yang dibantu personel Brimob menghadapi pemilu April mendatang.

Komentar

Berita Terbaru