oleh

Liburan ke Perbatasan, Kebun Bunga Satgas Yonif MR 411 Kostrad Jadi Favorit Spot Foto Wisatawan PLBN Sota

PENANEGERI, Merauke — Mengabadikan diri berada di tengah indahnya hamparan bunga menjadi momen paling digemari oleh wisatawan yang suka berswafoto.  Apalagi di kawasan perbatasan dua negara, yakni RI-PNG.

Hal tersebutlah yang terjadi setiap harinya di Kebun Bunga Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, yang jadi favorit spot foto para wisatawan ketika berkunjung ke PLBN Sota, saat liburan Tahun Baru 2020.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Bupul 1, Distrik Eligobel, Merauke, Papua, Selasa (7/1/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pada liburan tahun baru tanggal 1 — 5 Januari 2020, jumlah wisatawan yang berkunjung ke perbatasan RI-PNG yang telah memiliki ikon baru kebanggaan warga Merauke yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota mengalami peningkatan yang signifikan, tercatat ada ratusan orang melapor ke Penjagaan Pos Kout Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad.

Lanjutnya, tak hanya menikmati kemegahan di PLBN Sota yang beberapa bulan lagi akan diresmikan oleh pemerintah pusat.

Dengan view foto favorit Tugu Titik Nol KM Merauke, patung Presiden pertama RI, Ir Sukarno dan Gerbang PLBN. Pengunjung yang datang setiap harinya pun menjadikan hamparan bunga dan sayur di kebun Pos Kout sebagai favorit spot foto pada momen liburannya.

“Dengan konsep taman bunga dan sayur yang diusung dalam kebun garapan Prajurit Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kout diwaktu luang, tidak hanya menawarkan hamparan kebun bunga dan sayur, namun kebun ini menjadi sarana Satgas dalam memotivasi dan memberikan contoh kepada masyarakat perbatasan, bagaimana memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif,” ucapnya.

Tambah Abituren Akmil tahun 2003 itu, ada puluhan orang yang setiap hari berkunjung, harapan kita dengan adanya kebun bunga dan sayur diperbatasan tersebut, selain menjadi warna baru dan alternatif wisata di PLBN Sota, dapat memotivasi warga dan menjadi contoh sekaligus tempat edukasi.

Terpisah, Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, kebun bunga dan sayur yang berada di Pos Komando Utama (Kout) terserbut adalah hasil kerjasama dengan PT EWINDO atau Cap Panah Merah dengan petugas PPLnya yang membimbing personel Satgas memanfaatkan lahan kosong di pos.

Salah satu pengunjung yang merupakan Istri Wakapolda Papua Ny. Pinta Yakobus Marjuki, memberikan apresiasi dan terkesan dengan kebun bunga yang digarap oleh para prajurit TNI dari Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, dirinya bersama dengan rombongan yang datang pun bertanya tentang perawatannya, serta tak lupa mengabadikan momen ditengah hamparan bunga dan sayur dengan swafoto dan selfie. (Pen/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *