oleh

Lima Gampong di Bireuen Dinobatkan Sebagai Desa Terbaik Pengawasan Dana Desa

PENANEGERI, Bireuen – Lima gampong di lima kecamatan dalam Kabupaten Bireuen terpilih sebagai desa terbaik program pembinaan dan pengawasan bantuan Dana Desa (DD) serta pengembangan inovasi desa tingkat kabupaten 2018.

Atas keberhasilan itu, kelima desa tersebut menerima plakat penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos pada kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID), di Aula gedung Umuslim, Ampon Chik Peusangan Bireuen, Selasa (4/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar SSTP MSi dalam laporanya mengatakan, kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) memamerkan potensi dan inovasi, tujuannya guna mempublikasi potensi desa.

“Dalam kegiatan ini perangkat desa dapat memilih inovasi yang sesuai gampong, guna meningkatkan kualitas pembangunan desa melalui dana DD,” katanya.

Ke lima gampong dan camat yang penerima plakat terbaik bidang pembinaan dan pengawasan DD dan inovasi desa itu antara lain, Gampong Paku, Simpang Mamplam sebagai gampong terbaik perencana pembangunan.

Lalu Lhok Tanoh, Simpang Mamplam sebagai gampong terbaik pengelolaan dana desa bidang infrastruktur. Sementara Jangka Alue Bie, Jangka sebagai gampong terbaik pengelolaan dana desa bidang Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Baca Juga  538 Mahasiswa Umuslim Bireuen Diwisuda, 33 Mahasiswa Lulus Terbaik

Selanjutnya Paya Rangkuluh, Kutablang sebagai desa terbaik bidang pengelolaan dana desa bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Geudong Alue, Kota Juang, Bireuen sebagai desa terbaik bidang pelayanan dasar.

Untuk ketegori kecamatan terbaik yaitu, Kecamatan Simpang Mamplam, terbaik bidang pembinaan dan pengawasan bidang pelayanan sosial dasar dan Jeunieb, kecamatan terbaik bidang pembinaan dan pengawasan bidang pengembangan sumber daya  manusia.

Untuk kecamatan terbaik pembinaan dan pengawasan bidang pengembangan BUMG, Kecamatan Jangka. Disusul Peusangan sebagai kecamatan terbaik pembinaan dan pengawasan bidang TTG.

“Kecamatan Peusangan Siblah Krueng merupakan kecamatan terbaik pembinaan dan pengawasan bidang inoivasi pemberdayaan masyarakat,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru