oleh

Mahasiswa Gelar Aksi di Momen Pelantikan Anggota DPRK Lhokseumawe

-Aceh-23 views

PENANEGERI, Lhokseumawe – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRK Lhokseumawe, saat pelantikan anggota DPRK terpilih Kota Lhokseumawe periode 2019-2024, Selasa (10/9).

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa meminta Walikota dan anggota DPRK terpilih agar dapat membenahi Kota Lhokseumawe yang dinilai masih hidup di bawah haris kemiskinan.

Setelah beberapa saat berunjuk rasa, Ketua sementara DPRK Lhokseumawe Ismail akhirnya menemui massa aksi.

Dalam aksi itu, Koordinator Lapangan Muhammad Fadli mengatakan, Kota Lhokseumawe saat masih diapit oleh koorporasi-koorporasi raksasa, namun masyarakatnya masih hidup dibawah garis kemiskinan, karena pemimpin tidak memperdulikan mereka kaum yang tertindas.

Ia mengatakan, dalam aksi itu pihaknya ingin menyadarkan para legislator yang baru saja disumpah untuk menjalankan amanah rakyat selama lima tahun.

“Kami mahasiswa adalah mitra dari pemerintah, maka dengan kedatangan kami kesini hanyalah untuk membangun dan mengingatkan anggota dewan terpilih untuk menjalankan amanah rakyat,” ujar Fadli.

Beberapa poin petisi yaitu, tegakkan syariat Islam di Kota Lhokseumawe yang terkenal dengan slogan Islaminya, mendesak kejelasan KEK Arun, fungsikan infrastruktur yang terbengkalai, realisasikan janji kampanye seluruh anggota DPRK Lhokseumawe terpilih.

Baca Juga  MPU Langsa Larang Umat Islam Rayakan Valentine Day

Selanjutnya, mendesak DPRK Lhokseumawe untuk memperkuat dan mempertegas pengawasan terhadap Pemkot Lhokseumawe, pemerataan pupuk bersubsidi, menuntaskan kemiskinan di Kota Lhokseumawe, tuntaskan kelangkaan gas, mendesak Pemkot agar menciptakan tata kelola sesuai dengan Qanun kota Lhokseumawe No 01 tahun 2014, menciptakan DPRK Lhokseumawe bebas KKN dan transparansi dana Otsus.

Sementara itu, Ketua sementara DPRK Lhokseumawe, Ismail pada saat menemui puluhan pengunjukrasa mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan mahasiswa ke gedung dewan dan pihaknya berjanji akan menindaklanjuti tuntutan dari mahasiswa.

“Terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah mengingatkan kami, tuntutan ini akan secepatnya dikomunikasikan dan dirapatkan,” jelasnya.

Aspirasi dan tuntutan mahasiswa sudah diterima dan ditandatangi oleh Ketua sementara DPRK Lhokseumawe. Para mahasiswa mulai membubarkan diri. Akan tetapi, mahasiswa akan melakukan aksi lebih besar jika tuntutan mereka tidak juga dikerjakan dalam waktu tiga bulan atau trisemester

Komentar

Berita Terbaru