oleh

Mahkamah Agung : Surat Keterangan Bebas Pidana untuk Bacaleg Gratis

PENANEGERI, Jakarta – Surat keterangan bebas pidana akan dibutuhkan bagi para bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mendaftarkan diri.

Surat itu sangat diburu di PN (Pengadilan Negeri) belakangan ini oleh para bakal calon legsilatif, karena pada 4-17 Juli 2018  tengah dibuka pendaftaran sebagai anggota calon legislatif (caleg), untuk Pemilu 2019 mendatang.

Mahkamah Agung menegaskan bahwa surat tersebut gratis dan pengadilan dilarang memungut biaya.

“Tidak memungut biaya. Itu tidak dikenakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Kesimpulannya, MA tidak memungut biaya,” kata Juru Bicara MA, Abdullah di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (6/7).

Abdullah menjelaskan, MA telah menerbitkan Surat Edaran MA (SEMA) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan SEMA Nomor 3 Tahun 2016 terhadap Semua Jenis Surat Keterangan. Termasuk, syarat untuk pencalegan.

SEMA No 2 Tahun 2018 ini, salah satunya mengatur pembebasan pungutan permintaan surat keterangan terutama bagi semua calon anggota legislatif (caleg) melalui seluruh peradilan umum dan peradilan militer.

“Surat keterangan ini tidak dikenakan PNBP (penerimaan, negara bukan pajak). Jadi pembuatannya tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah, di Gedung MA Jakarta, Jumat, (6/7).

Terbitnya SEMA No 2 Tahun 2018 ini karena banyaknya permohonan pembuatan surat keterangan dari para calon kepala daerah dan para calon anggota legislatif ke pengadilan negeri maupun pengadilan militer sebagai syarat formal pendaftaran para calon anggota legislatif.

“Sesuai SEMA No 2 Tahun 2018, pengadilan umum dan pengadilan militer tidak dibenarkan memungut biaya terkait pembuatan surat keterangan kepada pemohon,” tegasnya.

Ia menegaskan, apabila pengadilan telah terlanjur memungut biaya kepada para pemohon, maka dengan alasan apapun pengadilan diminta untuk mengembalikannya.

“Diharapkan, dengan lahirnya SEMA 2/2018 ini dapat memberikan kejelasan kepada peradilan umum dan peradilan militer untuk segera dilaksanakan sebagaimana mestinya,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *