oleh

Makam Habib Bugak di Bireuen Diresmikan

PENANEGERI, Bireuen – Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos meresmikan Makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi atau Habib Bugak Al-Asyi, di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Kamis (24/1).

Makam Habib Bugak Al-Asyi tersebut telah dilakukan pemugaran oleh prajurit TNI jajaran Kodim 0111/Bireuen, Pemkab Bireuen serta masyarakat melalui program Operasi Teritorial (Opster)TNI Kodam Iskandar Muda di wilayah Kodim 0111/Bireuen.

Bupati Saifannur dalam arahannya mengatakan, tahun 2019 ini Pemkab Bireuen segera membangun pagar keliling makam serta membuka jalan baru, sehingga memudahkan warga ke lokasi makam tersebut.

“Kita segera membangun sarana jalan baru sepanjang 1.200 meter itu, Bila anggarannya kurang tahun ini, maka bisa dilanjutkan tahun depan, sehingga memudahkan bagi warga yang ingin masuk ke lokasi Makam Habib Bugak, sebab jalan yang ada masih sempit,” katanya.

Diakui Saifannur, Makam Habib Bugak Al-Asyi ini juga akan dikembangkan menjadi lokasi wisata religi atau wisata Islami dan wisata sejarah di Kabupaten Bireuen.

“Dengan adanya pengelolaan yang bagus, maka makam ini bisa menjadi situs sejarah Islami, sehingga anak cucu kita tahu tentang sejarah Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Bugak Al-Asyi,” sebutnya.

Baca Juga  Camat Peusangan : Kesehatan Warga Prioritas Utama Pembangunan Gampong  

Peresmian Makam Habib Bugak Al-Asyi itu itu ikut dihadiri Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, Kajari Bireuen Mochamad Jeffry SH MHum, Wakil Bupati Dr Muzakkar A Gani SH MSi, ahli waris Habib Bugak Al-Asyi, tokoh masyarakat serta undangan.

Komentar

Berita Terbaru