oleh

Malam ini, PUSKIF IAIN Langsa Pantau Gerhana Bulan Penumbra

-Aceh-239 views

PENANEGERI, Langsa – Pusat Studi Ilmu Falak (PUSKIF) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, akan melakukan observasi gerhana bulan penumbra, pada tengah malam ini, tepatnya, Sabtu (11/1) pukul 00.00 WIB.

Kepala PUSKIF IAIN Langsa Ikhsan Kamilan Latif menuturkan, untuk memantau gerhana tersebut, maka pada pukul 23.30 WIB pihaknya melakukan berbagai persiapan diantaranya dengan mengatur tata letak teleskop dengan menaligninkan secara manual pada posisi bulan untuk teleskop robotik sementara untuk telsekop manual harus align terlebih dahulu pada kutub utara langit.

Dijelaskannya, pemantauan gerhana bulan penumbra meskipun secra fiqih para ulama sepakat bahwa tidak diperintahkan untuk melaksanakan shalat, namun bagi tim PUSKIF kegiatan ini lebih pada tujuan penelitian dengan mengukur keakuratah hasil hisab dengan fakta dilapangan.

Selain itu, kegitan ini bertujuan untuk memastikan sejauh mana tingkat keredupan cahaya bulan purnama di saat mamasuki bayangan penumbra (bayangan luar bumi).

“Dimana di saat cahaya purnama bulan lebih redup tentunya cahaya bintang yang lebih berdekatan dengan bulan bisa lebih mudah diamati,” terangnya.

Baca Juga  Sofyan Djalil : Tahun 2025 Warga Indonesia Sudah Harus Memiliki Sertifikat Tanah

Lanjutnya, gerhana bulan penumbra adalah gerhana yang ditinjau dari sisi astronomi bukan dari sisi fiqih dalam artian fiqih tidak menagap peristiwa itu sebagai gerhana.

Dimana posisi bulan saat itu berada pada bayangan kerucut bumi luar bukan pada bayangan inti sehingga cayaha matahari masih tetap diterima oleh bulan namun lebih redup karena terhalang oleh bayang bumi.

“Kondisi ini berbeda dengan gerhana bulan dalam fiqih. Dimana bumi tepat berada dihadapan bulan sehingga bulan tidak menrima sedikitpun cahaya dari matahari,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru